Hantaru 2021, Kepala BPN Kayong Utara Paparkan Program Strategis yang Dilaksanakan

bantuan dari desa dan masyarakat juga menjadi suatu hal yang baik dalam membantu pengukuran di lapangan.

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Nina Soraya
Tribunpontianak.co.id/Istimewa
Kegiatan Sosialisasi PTSL di Kayong Utara. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2021 kembali digelar tahun ini. Masing-masing Kantor ATR/BPN memaparkan pencapaian kinerja selama satu tahun terakhir.

Sementara itu Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Kayong Utara terus melaksanakan program strategis yang menjadi tanggung jawab.

Kepala BPN Kayong Utara, Venita menyampaikan, ada beberapa macam program strategis yang menjadi tanggung jawab oleh Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Kayong Utara saat ini.

BPN Landak Serahkan 1.129 Sertifikat Redistribusi Tanah

Seperti yang diketahui ada Program PTSL (Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap).

"PTSL ini ada sekitar 9.000-an (target) untuk dikegiatan pengukuran dan sembilan ribuan juga itu untuk penerbitan sertifikatnya. Jadi misalnya untuk sertifikat, kami pada tahun lalu ada pengukuran oleh pihak ketiga tapi hanya sampai pengukuran tidak sampai penerbitan sertifikat," paparnya.

Menurutnya program itu disebut PTSLPM yang berbasis partisipasi masyarakat.

"Itu pihak ketiga yang melaksanakan pengukuran nanti, tapi tetap masyarakat setempat berpartisipasi dalam penguasaan-penguasaan sebagai data untuk nanti memastikan bahwa inilah pemilik yang menguasai fisik di lokasi tersebut. Tapi seperti saya sampaikan itu hanya sampai ke pengukuran saja namun alas-alas hak kepemilikan itu sudah lengkap," ujarnya. 

Maknai Hantaru, Kepala BPN Mempawah: Kita Ingin Menjadi Insan ATR/BPN Profesional, Maju dan Modern

Lebih lanjut, Venita mengungkapkan ketika pada tahun 2021 mendapatkan program lagi maka akan dilanjutkan kepada penerbitan sertifikat.

"Sehingga ketika di tahun 2021 kami mendapat lagi program untuk penerbitan sertifikat, maka data yang tadi hanya sampai di pengukuran itu di tahun ini kami lanjutkan untuk penerbitan sertifikatnya," tutur Venita.

"Untuk PTSL tahun ini, ada tersebar di 14 lokasi, 14 Desa. Tahun ini juga yang saya sampaikan kami berkewajiban untuk melaksanakan pengukuran. Pengukuran ini targetnya 9.000 sekian itu, 3.000-annya itu hanya sampai pengukuran saja. Untuk tahun ini, yang melaksanakan itu pegawai BPN mengukur, tahun sebelumnya itu sempat pihak ketiga tahun ini kami. PTSL itu sampai saat ini dari target kita 9.000-an, yang sudah terbit sekitar 3.000-an kisarannya karena banyak tahapan-tahapan yang harus kami laksanakan," timpalnya.

Kepala BPN Kabupaten Bengkayang Beberkan Progam Unggulan Tingkatkan Layanan ke Masyarakat

Untuk itu, bantuan dari desa dan masyarakat juga menjadi suatu hal yang baik dalam membantu pengukuran di lapangan.

"Inikan semua tidak akan bisa terwujud jika tidak ada bantuan dari desa karena memang yang paling banyak (bantu) desa karena untuk pengukuran kami tidak bisa turun ke lapangan kalau tidak ada yang menunjukan batas-batasnya. Jadi memang benar-benar tidak bisa hanya sekedar ini menjadi tanggung jawab BPN, tetap ada partisipasilah dari masyarakat," ujarnya.

Kegiatan Penelitian Redistribusi Tanah di Desa Alur Bandung, Kecamatan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara.
Kegiatan Penelitian Redistribusi Tanah di Desa Alur Bandung, Kecamatan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara. (Tribunpontianak.co.id/Istimewa)

Selanjutnya, Program Redistribusi yang dilaksanakan oleh BPN Kabupaten Kayong Utara saat ini dengan target yang diharapkan dapat tercapai.

"Nah Redistribusi ini target tahun ini 3.500. Sebenarnya ini target tahun lalu, karena adanya recofusing anggaran itu sehingga diteruskan tahun ini. Penyuluhannya tahun lalu. Nah itu ada di lima Desa itu sudah terbit sertifikat sekitar 400-an. Ini sedang berlangsung. Harapannya diakhir tahun semua bisa selesai," pungkasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved