Breaking News:

Kadiskes Harisson Sampaikan Penyebab Tiga Daerah di Kalbar Masih Berada Pada PPKM Level 3

Dimana ketiga daerah di Kalbar yang berada pada PPKM Level tiga yakni Kota Pontianak, Kabupaten Sambas dan Kayong Utara.

Penulis: Anggita Putri | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK/IMAM MAKSUM
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Harisson 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Harisson mengatakan bahwa berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 44 tahun 2021 bahwa saat ini tersisa tiga daerah di Kalbar yang berada pada PPKM Level 3.

Berdasarkan Inmendagri nomor 44 Tahun 2021 untuk daerah diluar Jawa dan Bali, PPKM tetap diperpanjang sejak 21 Desember hingga 4 Oktober 2021 mendatang.

Dimana ketiga daerah di Kalbar yang berada pada PPKM Level tiga yakni Kota Pontianak, Kabupaten Sambas dan Kayong Utara.

Harisson mengatakan yang menjadi penyebab Kota Pontianak masih berada di PPKM Level 3, karena masih tingginya kasus konfirmasi covid-19 yang dirawat di Rumah Sakit yakni 8,20 persen dari 100 ribu penduduk yang masih tinggi dari daerah lain.

PPKM Diperpanjang, Dinkes KKU Sebut Tetap Lakukan Evaluasi

“Kalau untuk BOR di Kota Pontianak sudah turun diangka 19,31 persen. Total dari 642 tempat tidur rumah sakit di Kota Pontianak ada 124 tempat tidur yang dipakai untuk perawatan pasien covid-19, maupun suspek covid-19,”ujarnya, Selasa 21 September 2021.

Sedangkan untuk Kabupaten Sambas dikatakannya kenapa masih berada pada PPKM Level 3 karena capaian vaksin masih rendah.

Lalu untuk Kabupaten Kayong Utara tracing masih sangat rendah.

“Untuk Kayong Utara ini harusnya tracing dilakukan untuk satu kasus wajib dilakukan tracing terhadap 14 orang dan harus menggunakan aplikasi si lacak,”tegasnya.

Sementara kabupaten kota lainnya di Kalbar yang berada di PPKM Level 2 yakni Kabupaten Mempawah, Sanggau, Ketapang, Sintang, Kapus Hulu, Bengkayang, Landak, Sekadau, Melawi, Kubu Raya, dan Singkawang.

Ia mengatakan berdasarkan evaluasi PPKM di Provinsi Kalbar yang sebelumnya berada pada PPKM Level 4, kini sudah berada pada PPKM Level 3 bahkan sudah menuju ke PPKM Level 2.

“Jadi saat ini hanya tersisa 3 kabupaten kota di Kalbar yang berada pada PPKM Level 3 dan 11 kabupaten kota lainnya sudah berada pada PPKM level 2,”ujarnya.

Namun, Harisson tetap mengingatkan masyarakat Kalbar dan Pemerintah kabupaten kota yang saat ini sudah berada pada PPKM Level 2 agar tetap waspada, sebab masih ada ancaman dari varian Virus MU dan Lambda yang diperkirakan terjadi gelombang ketiga pada Desember mendatang. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved