Dinkes Kayong Utara Lakukan Penanganan Bagi Warga yang Jalani Isoman Jika Melapor

Lebih lanjut, Indah mengungkapkan kepada siapapun yang melakukan tes Swab apabila sedang bergejala makan akan diberikan pengobatan sebagai tindak lanj

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Para peserta CPNS dan PPPK menjalani Tes Swab Antigen Gratis di Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara, Kalbar. Senin 13 September 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara, siap membantu masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri (Isoman) dengan cara melapor agar mendapat tindaklanjuti oleh pihak Dinkes.

Kepala Bidang P2P (Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit) Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kayong Utara, Kasianus, melalui Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kayong Utara, Indah mengatakan, tetap membantu masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri dengan cara melaporkan kepada pihaknya, akan mendapat tindakan lebih lanjut dan tentunya diberikan obat-obatan.

"Pasti kalau yang melapor ya (warga yang isolasi mandiri), kecuali kalau yang tidak melapor saya juga tidak tahu," ucap Indah, Kamis 16 September 2021.

Lebih lanjut, Indah mengungkapkan kepada siapapun yang melakukan tes Swab apabila sedang bergejala makan akan diberikan pengobatan sebagai tindak lanjut dari penanganan pandemi Covid-19 bagi masyarakat yang membutuhkan.

Kelompok UMKM Pesisir Olah Pisang Jadi Dodol Guna Alternatif Usaha Selama Pandemi Covid-19

"Siapapun yang melakukan Swab Antigen kalau dia bergejala, akan diberikan pengobatan. Paling tidak, kalau tidak bergejala itu diberikan vitamin," terangnya.

Indah menuturkan kepada masyarakat umum, tentunya tetap diberikan pemahaman dan edukasi dalam mencegah penyebaran Virus Covid-19. Kemudian, bagi masyarakat yang menjalani Uji Tes jika bergejala disarankan untuk melakukan Isoman dan bagi masyarakat yang tidak bergejala lebih ketat lagi menerapkan protokol kesehatan.

"Dengan diedukasi juga, bahwa setelah melakukan swab tes (antigen atau langsung PCR bagi yang bergejala) sambil menunggu hasilnya disarankan isolasi mandi dan kalaupun tidak ada bergejala tetap menjaga prokes, tetap kenakan masker, jaga jarak, dan lain sebagainya," tukasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Kayong Utara)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved