Kelompok UMKM Pesisir Olah Pisang Jadi Dodol Guna Alternatif Usaha Selama Pandemi Covid-19

"Produk unggulan kami, yaitu dodol pisang, dimana kami mencetus dodol pisang disini banyak petani pisang, perkebunan pisang," terangnya, Kamis 16 Sept

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kelompok UMKM di Daerah Pesisir Olah Pisang Menjadi Dodol di Dusun Soga, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, Kalbar, Kamis 16 September 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Kelompok Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah pesisir yakni di Dusun Soga, Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Bengkayang, mengolah berbagai jenis dodol untuk menambah penghasilan dimasa pandemi Covid-19.

Dodol yang diolah Kelompok UMKM di pesisir ini seperti pisang untuk diolah dengan memanfaatkan hasil perkebunan di wilayah Desa Karimunting, Kecamatan Sungai Raya tersebut.

Ketua kelompok UMKM di Desa Karimunting, Aprianingrum menyampaikan, bahwa produk unggulan yang dihasilkan dan diolah bersama-sama pelaku UMKM ini.

"Produk unggulan kami, yaitu dodol pisang, dimana kami mencetus dodol pisang disini banyak petani pisang, perkebunan pisang," terangnya, Kamis 16 September 2021.

Dari hal tersebut, kelompok UMKM ini berinisiatif untuk membuat dodol pisang yang dihasilkan dari pisang-pisang yang sudah matang, terus diambil untuk dijadikan olahan dodol.

BKPSDM Kayong Utara Pastikan Tes CPNS Prokes Ketat Diterapkan

"Kami olah disini yaitu dari hasil pisang-pisang yang sudah matang, karena jika pisang yang sudah dipanen kebanyakan panen akhirnya dijual dengan harga yang murah," tambahnya.

Oleh karena itu, Pihaknya membuat ide untuk mengolah dodol pisang sebagai alternatif dalam menghadapi pandemi Covid-19, terkhusus di daerah pesisir Kabupaten Bengkayang ini.

"Jadi kami disini membuat ide untuk mengolah pisang-pisang yang tadi udah matang menjadi dodol. Dodol yang dimana, diluar itu hasilnya crispy dan dalamnya melumer seperti itu," tukasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Kayong Utara)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved