Breaking News:

Panen Padi di Demplot Kodim Sintang Kurang Maksimal, Serka Dwi Ungkap Hambatannya

Serka Dwi Andi, inisiator Demplot pertanian di lahan tanpa bakar mengatakan, cukup banyak hambatan yang dialami, mulai dari hama burung yang kerap dat

Penulis: Agus Pujianto | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Sejumlah anggota Kodim 1205/Sintang melakukan panen padi di demplot lahan pertanian padi di eks lapter susilo sintang. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,SINTANG - Hasil panen padi perdana Demplot milik Kodim 1205/Sintang kurang maksimal. Dari luasan lahan seperempat hektare, hasil padi yang dipanen kurang dari 200 kilogram. Hama burung dianggap salah satu hambatannya.

Serka Dwi Andi, inisiator Demplot pertanian di lahan tanpa bakar mengatakan, cukup banyak hambatan yang dialami, mulai dari hama burung yang kerap datang mengganggu.

"Dalam panen kita masih belum mengalami keberhasilan, ya, katakanlah demikian. Karena dari luasan seperempat hektar yang kita garap harusnya hasil panen padi yang kita dapat paling tidak 300 sampai 400 Kg, tapi kita cuma dapat 100-150 saja," ungkap Serka Dwi, Anggota Kodim 1205/Sintang, Selasa 14 September 2021.

Kasubdit Pemantauan Sumber Daya Hutan Judin Purwanto Apresiasi Pemkab Sintang Jaga Hutan di APL

Demplot Padi Kodim 1205/Sintang, berada di Eks Labter Susilo, Jl. MT Haryono. Selama ini, demplot tersebut didampingi langsung oleh penyuluh pertanian lapangan.

"Ya kita sudah mencoba berusaha maksimal ya, namun masih belum mendapat hasil maksimal, nanti kedepan kami akan terus mencoba melakukan perbaikan dan pembenahan, dimana kekurangan dan hambatan yang menjadi akar penghambat ini akan coba kami koordinasikan kembali kepada Penyuluh dan Pasiter Kodim, yang paling utama kita akan siasati ketersediaan pupuk, karena ini hal utama yang menjadi kendala kita," ujar Dwi.

Serka Dwi berharap, Demplot yang digarap untuk menjadi lahan percontohan, harapannya dengan membuat demplot ini memberikan perubahan-perubahan cara bercocok tanam yang baik bagi petani.

Kedepan, Dwi akan terus menggandeng PPLuntuk terus memberikan sosialisasi, dan praktek penanaman sistem demplot agar mampu mengajak para petani untuk bersama mendukung program pemerintah menuju swasembada pangan.

"Meskipun masih jauh dari hasil sempurna, kita akan terus berkoordinasi kepada penyuluh, untuk kedepannya agar mampu menjadi lahan percontohan yang mampu mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Sintang," jelasnya.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim Sintang, Kapten Inf H. Didik H.P ini mengatakan demplot padi ini menunjang program ketahanan pangan dan sebagai sarana pelatihan bagi personil Kodim Sintang dibidang pertanian.

"Program demplot ini kita lakasanakan sebagai upaya pendayagunaan personil dibidang pertanian, yang mana dari kegiatan ini nantinya kita berharap dapat menghasilkan anggota yang mampu berdayaguna dalam pelatihan dan penerapan dilapangan khususnya kegiatan yang berkaitan dengan pertanian dan ketahanan pangan ini. Ini murni anggota Kodim Sintang, dan mereka dibimbing oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Ibu Sri. Mereka yang melaksanakan, mulai mengolah, sampai dengan tanam dan panen," jelasnya. (*)

Update Informasi Seputar Kabupaten Sintang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved