Breaking News:

Penjelasan dr Andriani terkait Varian Virus MU masuk dalam Variant of Interest WHO 

Konsultan Biologi Molekuler Lab Jejaring Pemeriksaan COVID 19 RS UNTAN dan Lab Jejaring Pemeriksaan COVID 19 Labkesda Kalbar di Pontianak, dr Andriani

Penulis: Anggita Putri | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Konsultan Biologi Molekuler Lab Jejaring Pemeriksaan COVID 19 RS UNTAN dan Lab Jejaring Pemeriksaan COVID 19 Labkesda Kalbar di Pontianak, dr Andriani. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Baru ini ditemukan kembali varian virus corona varian "Mu" atau juga dikenal sebagai Varian virus B.1.621. yang sudah terdeteksi di 40 negara. 

Konsultan Biologi Molekuler Lab Jejaring Pemeriksaan COVID 19 RS UNTAN dan Lab Jejaring Pemeriksaan COVID 19 Labkesda Kalbar di Pontianak, dr Andriani menanggapi terkait sebaran virus Mu saat ini. 

dr Andriani mengatakan bahwa Varian virus MU pertama terdeteksi di Kolombia pada Januari 2020 dan masuk dalam daftar Variant of Interest WHO pada 30 Agustus 2021.

Antisipasi Varian MU, Harisson Nilai Daerah Perbatasan Paling Riskan Harus Diperketat

“Kenapa dinyatakan Variant of Interest WHO pasti ada sebabnya. Dimana virus MU ini kalau ditengarai tingkat penularannya tinggi,” ujarnya kepada Tribun Pontianak,Selasa 7 September 2021.

Walaupun sampai saat ini masih belum menyamai varian delta,alfa,beta, maupun varian virus gama, tetapi ditengarai memiliki penularan tinggi dan mempunyai kapasitas escape antibody yang akibat vaksin maupun natural infeksi oleh virus sebelumnya. 

Walaupun mekanisme escape antibody, yang dapat membuatnya ‘kebal’ terhadap vaksin perlu diteliti lebih lanjut. Ia mengatakan sampai saat ini penularannya pada data terakhir untuk varian MU sendiri sudah terdeteksi di 40 negara di dunia.

Namun sampai saat ini belum berkembang dan terus dipantau oleh WHO apakah ssbarannya ada lagi ke dinegara lainnya. (*)

(Update informasi Seputar Kota Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved