Pelatihan Dasar CPNS, Bupati Citra Sebut Kayong Utara Bersyukur Dapat Tambahan PNS Baru

Lebih lanjut, surat rekomendasi izin kegiatan ketua satuan tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat.

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/JOVI LASTA
Bupati Kayong Utara, Citra Duani sampaikan sambutan pada Giat Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III dan II Angkatan CXXII dan dan CXXIII di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara tahun 2021, di Aula Hotel Mahkota Kayong Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalbar. Senin 6 September 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KAYONG UTARA - Pemerintah Daerah Kayong Utara, melaksanakan Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III dan II Angkatan CXXII dan CXXIII di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara tahun 2021 di Aula Hotel Mahkota Kayong Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

Kegiatan ini dihadiri secara langsung Bupati Kayong Utara Citra Duani, Sekretaris Daerah Kayong Utara Hilaria Yusnani, Kapolres Kayong Utara AKBP Bambang Sukmo Wibowo, Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Kayong Utara dan Para Calon Pegawai Negeri Sipil.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini berlandaskan pada, Undang-Undang nomor 5 tahun 2014, tentang aparatur Sipil Negara. Kemudian, peraturan lembaga administrasi Negara Republik Indonesia nomor 1 tahun 2021 tentang pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil. Surat Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Barat nomor 893.3/379/BPSDM-D tanggal 15 Maret 2021 Hal protokol kesehatan penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS tahun 2021.

Lebih lanjut, surat rekomendasi izin kegiatan ketua satuan tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat.

Pada kesempatan ini, Bupati Kayong Utara Citra Duani menyampaikan, bahwa dengan adanya pendidikan atau pelatihan dasar CPNS ini ada beberapa hal yang perlu disampaikan.

Bupati Citra Imbau Masyarakat Kayong Utara Ikuti Program Vaksinasi COVID-19

"Dengan pendidikan dasar (pelatihan) CPNS ini, ada beberapa hal yang perlu kita sampaikan," ucapnya, Senin 6 September 2021.

Bupati Citra mengungkapkan, bahwa Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat, mendapat tambahan dari pegawai negeri sipil yang baru saat ini.

"Pertama, Kayong Utara bersyukur bahwa dapat tambahan 173 pegawai negeri sipil yang baru, terdiri dari guru, tenaga medis, dan apoteker, Dokter. Ini angkatan yang kedua, jadi dibikin dua tahap," terang Citra.

Citra berharap, kepada dalam pemenuhan pegawai negeri sipil di Kabupaten Kayong Utara dapat terpenuhi dengan kuota yang ada ini, dan juga Pemerintah Pusat dapat memperhatikan wilayah Kayong Utara ini terkait kuota penerimaan.

"Kedua, kita berharap kepada Pemerintah Pusat supaya memberikan kuota yang cukup lebih banyak untuk Kayong Utara karena Kayong Utara ini memang kekurangan pegawai negeri sipilnya, sehingga ada peluanglah bagi honorer-honorer yang ikut test bisa menjadi pegawai negeri sipil (PNS)," tambah Bupati Kayong Utara ini.

Lebih lanjut, dirinya juga mengatakan bahwa pada pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tentunya diharapkan Pemerintah Pusat dapat melihat kondisi dan situasi di Kayong Utara.

"Begitupun yang PPPK, kita berharap supaya P3K ini bisa danai digajihnya oleh Pemerintah Pusat. Tapi kalau tahun pertama Pemerintah Pusat, tahun kedua dan seterus Pemerintah Daerah, terus terang saja dengan kondisi APBD dan Recofusing anggaran pada pandemi Covid-19 ini Pemerintah Daerah sangat kesulitan dalam rangka untuk membiayai gaji P3K. Kalau CPNS itu memang sudah jelas, bahwa semua Pegawai Negeri Sipil dialokkan dalam APBN," tutupnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Kayong Utara)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved