Breaking News:

ATURAN Masuk Sekolah di Wilayah PPKM Level 1-3 Kemendikbud Berlakukan PTM Terbatas

Sementara itu, PAUD harus memperhatikan jaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal lima peserta didik per kelas (sekitar maksimal 33 persen).

Editor: Zulkifli
TRIBUNPONTIANAK/Muzammilul Abrori
Siswa SD Negeri 9 Sungai Raya, yang berada di Jl Adisucipto, Komplek Bandara Supadio, Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat saat mulai memasuki sekolah, pada Senin 22 Februari 2021 lalu. 

TRIBUINPONTIANAK - Aktifitas belajar hampir seluruh wilayah Indonesia belum seutuhnya kembali normal.

Proses belajar dari rumah terpaksa kembali diberlakukan pemerintah seiring meningkatnya kasus Covid-19.

Bahkan pemerintah kembali memperpanjang masa PPKM.hingga 23 Agustus mendatang.

Guna memberikan kepastian bagi aktifitas belajar di masa pandemi, Kemendikbud menyampaikan aturan terbaru terkait aktifita belajar di secara tatap muka.

Kapan Kuota Internet Gratis Kemendikbud 2021 Cair? Bisa untuk Youtube, Tiktok dan Netflix Tak Bisa

Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Hendarman menyampaikan, berdasarkan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) terbaru, pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dapat dilakukan oleh sekolah yang berlokasi di wilayah PPKM level 1-3.

Namun, satuan pendidikan di wilayah PPKM level 4 masih tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Pelaksanaan PTM terbatas di wilayah PPKM level 1-3 harus tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian, serta kesehatan dan keselamatan seluruh insan pendidikan dan keluarganya,” papar Hendarman, seperti dilansir laman Kemendikbud Ristek, Selasa 10 Agustus 2021 .

Meski sekolah di wilayah PPKM Level 1-3 sudah bisa menggelar PTM terbatas, pelaksanaan pembelajaran dapat dilakukan melalui opsi PTM terbatas dan/atau PJJ sesuai dengan pengaturan dalam SKB Empat Menteri, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Selain itu, Hendarman menjelaskan bahwa pembelajaran di masa pandemi berlangsung secara dinamis menyesuaikan risiko kesehatan dan keselamatan masing-masing wilayah sebagaimana ditetapkan pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

"Orangtua atau wali pada wilayah PPKM level 1-3 memiliki kewenangan penuh dalam memberikan izin kepada anaknya untuk memilih antara mengikuti PTM terbatas atau PJJ.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved