Breaking News:

Bolehkan Anak Mengonsumsi Vitamin Setiap Hari untuk Daya Tahan Tubuh? Ini Kata Ahli

Hal ini karena selain kalsium, anak umumnya memerlukan mikronutrien dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan orang dewasa.

Editor: Maudy Asri Gita Utami
Kompas.com
Ilustrasi Covid-19 anak-anak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Dokter Spesialis Anak Konsultan Nefrologi Anak dr. Cahyani Gita Ambarsari, Sp.A (K) menjelaskan, vitamin adalah zat organik yang diproduksi oleh makhluk hidup, yaitu tumbuhan dan hewan, misalnya betakaroten yang terkandung di dalam wortel dan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh setelah dikonsumsi.

Vitamin dan mineral adalah mikronutrien, yaitu nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit, namun memiliki fungsi yang sangat penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak.

Di sisi lain, mineral adalah zat anorganik yang ditemukan di bumi atau dalam tanah. Mineral ini kemudian diserap oleh tanaman.

“Oleh sebab itu, manusia umumnya akan mendapatkan mineral melalui konsumsi sayur-sayuran. Selain itu, mineral juga dapat diperoleh dari konsumsi produk hewani yang memakan tumbuhan tertentu,” kata dr. Cahyani kepada Kompas.com.

Vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh

[Update Informasi Lainnya Disini]

Kenali Gejala Covid Anak ! Apa itu Multisystem Inflammatory Syndrome in Children atau MIS-C ?

Dokter yang praktik di RS Pondok Indah Bintaro Jaya ini melanjutkan, selain berperan dalam proses tumbuh kembang anak, vitamin dan mineral juga berperan dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Vitamin yang diketahui memiliki manfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yaitu vitamin A, C, D, dan E, sedangkan mineral yang diketahui memiliki manfaat ini yaitu seng (zinc).

- Vitamin A dapat menjaga kesehatan selaput lendir yang melapisi saluran pencernaan dan pernapasan.

Selaput lendir ini, memiliki peran yang penting dalam sistem imun, karena merupakan salah satu mekanisme pertahanan pertama tubuh terhadap bakteri dan virus.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved