Breaking News:

Pelayanan Jasa Raharja Makin Digital Dengan Aplikasi JRku

Jasa Raharja mendapat amanah dari pemerintah terkait dana kecelakaan lalu lintas angkutan umum, dan dana kecelakaan lalulintas jalan.

Penulis: Rizki Fadriani | Editor: Try Juliansyah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Tribun
Tribun Pontianak Official Podcast ( Triponcast) edisi Bebincang Layanan Publik, mengangkat tema "Pelayanan Jasa Raharja Makin Digital Dengan Aplikasi JRku" dengan menghadirkan Kepala Cabang Jasa Raharja Kalbar, Regy S Wijaya, Rabu 23 Juni 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Tingginya kasus kecelakaan di Indonesia membuat Jasa Raharja semakin aktif memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, satu di antara upayanya ialah dengan meluncurkan aplikasi JRku.

"Aplikasi JRku yang dikeluarkan atau diciptakan oleh Jasa Raharja kemudian dalam penggunaannya memang untuk masyarakat," ungkap Kepala Cabang Jasa Raharja Kalbar, Regy S Wijaya, saat hadir dalam Tribun Pontianak Official Podcast (Triponcast) edisi Bebincang Layanan Publik, Rabu 23 Juni 2021.

Jasa Raharja bekerja sama dengan Finpay sebagai fitur pembayaran, sehingga masyarakat dapat dengan mudah melakukan pembayaran pulsa pra maupun pasca bayar, PLN, Token ataupun BPJS Kesehatan, dan yang paling penting ialah fitur yang langsung terhubung dengan Jasa Raharja yaitu santunan online.

Selain itu, aplikasi ini juga memberikan layanan mengenai kondisi lalu lintas terbaru, pembayaran Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum (IWKBU), pengecekan masa berlaku Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), serta sejumlah fitur lain.

UMKM Mandiri Bantu Pelaku UMKM Naik Kelas

"Korban kecelakaan maupun ahli waris, bisa menginput data untuk mengajukan pembayaran santunan kecelakaan via online. Ketika masyarakat ingin berpergian dengan kendaraan, bisa mengecek apakah kendaraan itu sudah membayar Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ), untuk kendaraan pribadi misalnya sewa ataupun ketika menggunakan transportasi umum. Mereka bisa mengecek Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum (IWKBU)," jelasnya.

Ia menginformasikan jika Jasa Raharja merupakan perusahaan milik negara yang melayani masyarakat, baik itu Warga Negara Indonesia (WNI) ataupun Warga Negara Asing (WNA), yang mengalami kecelakaan di wilayah Indonesia.

Jasa Raharja mendapat amanah dari pemerintah terkait dana kecelakaan lalu lintas angkutan umum, dan dana kecelakaan lalulintas jalan.

"Misalnya turis baru turun dari pesawat, keluar dari bandara, tiba-tiba mengalami laka lantas. Kita bisa langsung serahkan santunan," jelasnya mengumpamakan kejadian laka lantas.

Ia menginformasikan jika Jasa Raharja akan mengutip premi yang merupakan bagian dari tiket perjalanan, baik itu dari penumpang kapal, pesawat, bus, kereta api melalui operator ataupun otoritas pemilik angkutan tersebut. Kemudian iuran wajib tersebut diserahkan ke Jasa Raharja untuk dikelola dan akan diserahkan ketika terjadi kecelakaan.

"Karena mereka (otoritas atau operator angkutan) punya kewajiban melindungi para penumpangnya," jelasnya. (*)

(Simak berita terbaru dari Pontianak)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved