Breaking News:

Cegah Nelayan Asing Curi Ikan, Daniel Johan Harap Nelayan Lokal Penuhi Laut Indonesia

''Jangan hanya menangkap saja karena masih jauh lebih banyak yang lolos tidak tertangkap setiap harinya, segera penuhi laut kita dengan kapal tangkap

TRIBUNPONTIANAK/FERRYANTO
Sejumlah kapal nelayan asing yang diamankan KKP di stasiun PSDKP Pontianak, Kamis 10 Juni 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Anggota DPR RI Daniel Johan mengaku turut bangga atas keberhasilan Petugas Kementrian Kelautan dan Perikanan Indonesia menangkap 12 Kapal Nelayan Asing yang mencuri ikan di wilayah Indonesia selama sepekan di bulan Juni 2021.

Kendati demikian, ia berharap pihak KKP tidak hanya fokus melakukan penangkapan terhadap kapal - kapal nelayan asing.

Namun segera memprogramkan agar titik - titik potensial wilayah laut Indonesia dipenuhi oleh nelayan lokal.

Dengan demikian, secara tidak langsung para nelayan Indonesia akan turut menjaga wilayah kedaulatan Indonesia dari lautan.

''Jangan hanya menangkap saja karena masih jauh lebih banyak yang lolos tidak tertangkap setiap harinya, segera penuhi laut kita dengan kapal tangkap lokal dan nasional berbendera indonesia yang akan ikut menjaga laut kita bersama aparat,"ujar Daniel Johan saat dikonfirmasi Tribun Pontianak.

Ia menilai, laut Indonesia terlalu luas bila hanya mengandalkan aparat penegak hukum untuk menjaganya.

Oleh sebab itu, satu diantara strategi terbaik mencegah nelayan asing mencuri ikan di laut Indonesia dengan meramaikan laut Indonesia dengan nelayan lokal.

"Kalau laut kita kosong dari kapal tangkap nasional yah setiap hari akan masuk kapal ilegal berbendera asing yang mencuri ikan, laut kita terlalu luas untuk dijaga aparat yang sangat terbatas itu,"katanya.

KKP Amankan 19 Kapal Ilegal fishing, Menteri KKP Trenggono Siapkan Armada Tambahan

Sebelumnya diberitakan, bahwa KKP melaksanakan operasi selama seminggu sejak tanggal 3-8 Juni 2021, dan berhasil menangkap 3 kapal berbendera Malaysia, 7 kapal berbendera Vietnam, 2 kapal berbendera Filipina dan 7 kapal berbendera Indonesia.

Direktur Pemantauan dan Operasi Armada, Pung Nugroho Saksono yang memimpin langsung operasi kapal pengawas membeberkan lebih detail pelaksanaan operasi pengawasan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Ferryanto
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved