Breaking News:

Cara Melihat Gerhana Matahari Cincin Hari Ini 10 Juni 2021 dan Jam Puncak Gerhana Waktu Indonesia

Adapun Gerhana Matahari Cincin, menurut BMKG, terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati da

Penulis: Nasaruddin
Editor: Nasaruddin
BMKG
Ilustrasi gerhana matahari cincin (GMC). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase bulan baru dan dapat diprediksi
sebelumnya.

Adapun Gerhana Matahari Cincin, menurut BMKG, terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari.

Akibatnya, saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

(Berita Terbaru Gerhana Matahari Cincin Cek di GMC)

Bagaimana Proses Terjadinya Gerhana Matahari Cincin?

Terdapat dua macam bayangan Bulan yang terbentuk saat Gerhana Penumbra Antumbra Bulan Matahari Bumi Matahari Cincin, yaitu antumbra dan penumbra.

Di wilayah yang terlewati antumbra, gerhana yang teramati akan berupa Gerhana Matahari Cincin, sementara di wilayah yang terkena penumbra, gerhana yang teramatinya berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Fenomena Gerhana Matahari Cincin pada 10 Juni 2021 hanya dapat dilihat di wilayah tertentu seperti:

- Pulau Ellesmere dan Baffin, Kanada. Mulai pukul 17.43 WIB, 18.43 WITA dan 19.43 WIT.

- Kawasan Siberia, Rusia. Mulai pukul 17.43 WIB, 18.43 WITA dan 19.43 WIT.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved