Breaking News:

Pentingnya Menanamkan Karakter Pancasila Pada Anak Sejak Usia Dini

Sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara, tentunya Pancasila sudah harus ditanamkan pada anak sejak dini agar memiliki karakter Pancasila.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Mengingat pada 1 Juni 2021 lalu merupakan hari lahir Pancasila, Tribun Pontianak Official Podcast (Triponcast) menyajikan perbincangan seru mengenai Karakter Pancasila khususnya pada anak. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Mengingat pada 1 Juni 2021 lalu merupakan hari lahir Pancasila, Tribun Pontianak Official Podcast (Triponcast) menyajikan perbincangan seru mengenai Karakter Pancasila khususnya pada anak.

Pancasila yang merupakan pilar ideologis negara Indonesia, merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Lima ideologi utama penyusun Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tercantum pada alinea ke-4 dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara, tentunya Pancasila sudah harus ditanamkan pada anak sejak dini agar memiliki karakter Pancasila.

Lantas bagaimana mengembangkan karakter Pancasila pada anak sejak dini?

Oleh karena itu, Triponcas edisi Bebincang Pendidikan menghadirkan Fasilitator Sekolah Alam Terpadu Cerlang, Sri Wartati, S.Pd. M.Hum, dan Ketua PKBM Sekolah Alam Terpadu Cerlang, Dian Lestari.

Baca juga: Di Titik Nol KM Indonesia Merauke, Masyarakat Pancasila Tegaskan Pancasila Anugerah Yang Maha Kuasa

Menurut Sri Wartati, Karakter Pancasila merupakan karakter yang berdasar pada nilai-nilai Pancasila yang merupakan rumusan dari budaya bangsa.

Nilai-nilai Pancasila tersebut diharapkan dapat dipelajari anak sejak dini, agar Karakter Pancasila dapat terbentuk dalam diri anak.

Anak Berkarakter Pancasila dapat menjadi seseorang yang tidak bingung mengambil sikap, anak tahu bagaimana harus bertindak, dan menempatkan diri, baik sebagai pribadi, serta sebagai mahluk sosial dalam berbagai peran ketika dewasa nanti.

"Agak susah kalau kita bilang anak sudah menetapkan karakter Pancasila atau belum, karena ini merupakan proses berkembang. Yang bisa kita pantau itu, mudahnya dengan melihat mereka dapat mengantri, nah jika mengantri itukan menghargai atau menghormati sesama yang sesuai dengan nilai Pancasila," jelasnya, Kamis 3 Juni 2021.

Halaman
12
Penulis: Rizki Fadriani
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved