JaDI Kalbar Nilai Perlu Upaya Luar Biasa Ciptakan Daftar Pemilih Berkualitas

Untuk itu banyak pihak yang harus terlibat dan dilibatkan. mulai dari sumber data, pengelolaan data hingga pengawasan pelaksanaannya. 

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA/Umy
Presedium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI Kalbar), Umi Rifdiawaty . 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Presedium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Kalbar, Umi Rifdiawaty mengungkapkan perlunya upaya luar biasa menciptakan daftar pemilih berkualitas.

Seperti diketahui, KPU Kabupaten Kota melakukan pemuktahiran daftar pemilih setiap sebulan sekali.

Berikut penuturannya,

Perlu upaya luar biasa untuk menciptakan Daftar Pemilih Pemilu yang berkualitas yaitu Data Pemilih yang akurat, mutakhir dan komprehensif. 

Untuk itu banyak pihak yang harus terlibat dan dilibatkan. mulai dari sumber data, pengelolaan data hingga pengawasan pelaksanaannya. 

Baca juga: KPU Sekadau Kembali Tetapkan Aron-Subandrio Sebagai Bupati dan Wabup Sekadau Terpilih

Adapun pihak-pihak yang terlibat adalah Kemeterian yang menangani tentang data kependudukan, penyelenggara pemilu hingga partisipasi masyarakat. 

Ini dilakukan agar data pemilih tidak lagi akan menjadi semacam kutukan yang tidak pernah selesai pada setiap pelaksanaan pemilu. 

Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan sebagai mana diamanahkan dalam Undang-undang Pemilu adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu untuk meningkatkan kuaitas Data Pemilih. 

Untuk itu maka penyelenggara pemilu harus paham betul bahwa ada keinginan yang kuat untuk membuat agar data pemilih menjadi berintegritas, sehingga penyelenggara pemilu harus dengan serius dalam bekerja melakukan pengkinian data pemilih tersebut secara terus menerus. 

Hanya saja kalau kami melihat bahwa belum ada landasan kerja yang kuat bagi penyelenggara dalam melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, dalam hal ini belum ada regulasi teknis setingkat Peraturan KPU dan/atau Peraturan Bawaslu bagi penyelenggara dalam melakukan tugas pengkinian data pemilih tersebut. 

Sementara Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan merupakan kegiatan yang sangat penting agar kelak dalam pemilu tersaji Data Pemilih yang berkualitas melalui prosesnya sudah dilakukan secara terukur, terus menerus dan legitimet. (*)

(Update Informasi Seputar Kota Pontianak)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved