Breaking News:

Penggunaan IUD Bisa Sebabkan Jerawat, Bagaimana Pendapat Dokter Obgyn?

Terkait IUD, ada pendapat umum yang beredar di masyarakat yang menyebutkan bahwa penggunaannya bisa memicu timbulnya jerawat.

Editor: Maudy Asri Gita Utami
KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
4 Efek Samping Alat Kontrasepsi Spiral, Salah Satunya Kista ovarium 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID- Apakah kamu termasuk pengunaa alat kontrasepsi IUD?

IUD, biasanya disebut juga spiral atau coil, merupakan alat kontrasepsi yang dimasukkan ke dalam rahim.

IUD sendiri berukuran kecil, berbentuk 'T', dan mengandung tembaga atau levonorgestrel.

Terkait IUD, ada pendapat umum yang beredar di masyarakat yang menyebutkan bahwa penggunaannya bisa memicu timbulnya jerawat.

Kira-kira pendapat tersebut apakah benar adanya?

Baca juga: Bupati Atbah Hadiri Launching Pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang

Menurut dokter obgyn, Lauren Demosthenes, MD, direktur medis senior di Babyscripts (perusahaan perawatan bersalin virtual), kontrasepsi biasanya dikaitkan dengan lebih sedikit jerawat.

“Faktanya, saat kamu memeriksa semua jenis pil hormon kontraktif, koyo, dan IUD, risiko timbulnya jerawat sangat rendah. Kurang dari 5% perempuan akan mencari pertolongan medis untuk jerawat saat menggunakan kontrasepsi,” ujar Lauren, mengutip dari laman Byrdie.

Perlu diingat, beberapa perempuan yang beralih dari kontrasepsi oral kombinasi ke IUD mungkin mengalami kambuhnya jerawat.

Namun, ini hanya karena menghentikan pil, dan tidak disebabkan oleh IUD.

Sementara Lauren memastikan bahwa IUD tidak lebih mungkin menyebabkan jerawat daripada bentuk kontrasepsi lainnya.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved