Seleksi CPNS dan PPPK dimulai Akhir Bulan Mei Tahun 2021, Gerardus: Kita Sedang Lakukan Persiapan

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kabupaten Bengkayang Gerardus bahwa S

Penulis: Jovi Lasta | Editor: Hamdan Darsani
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Jovi Lasta
Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kabupaten Bengkayang, Gerardus. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, BENGKAYANG - Pembukaan dan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) akan dimulai pada akhir bulan Mei Tahun 2021, Selasa 18 Mei 2021.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kabupaten Bengkayang Gerardus bahwa Syarat-syarat untuk Provinsi Kalimantan Barat secara umum baru akan dirumuskan melalui rapat koordinasi Kepegawaian di BKD Provinsi  sehari atau dua hari kedepan.

"Proses seleksi dimulai akhir bulan Mei sampai bulan Juni," kata Gerardus.

Baca juga: Diskominfo Kabupaten Bengkayang: Buka Diri Terima Masukan dan Saran dari Publik

Untuk metode seleksi penerimaan nantinya, tetap menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) dan juga dalam seleksi ini baik itu CPNS dan PPPK akan dipisahkan.

"Metode seleksi tetap menggunakan sistem CAT, dan juga dipisahkan antara CPNS dan P3K. Untuk CPNS di Bkpsdm (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) dan untuk PPPK di Dinas Kebudayaan (Disbud)," jelasnya.

(Update Informasi Seputar Kabupaten Bengkayang)

Proses persiapan sendiri, lanjut Gerardus, bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang sedang mempersiapkan proses-proses administrasi penerimaan CPNS dan PPPK.

"Proses administrasi meliputi panitia seleksi, SK Bupati tentang formasi ASN sesuai kuota MenPan-RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), persyaratan khusus dan lain-lainnya," ujar Kepala BKDPSDM) Kabupaten Bengkayang ini.

"Seperti pada tahun-tahun lalu, dengan melalui sistem mulai dari proses pendaftaran dengan sistem online melalui CASN, tahapan test SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dan tahapan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang) dengan sistem CAT," tambahnya.

Ia menambahkan, bahwa telah tertutup kemungkinan adanya manipulasi nilai peserta seleksi, dan juga apapun bentuknya, karena hasil test dapat dilihat setiap proses peserta dalam mengikuti seleksi yang dipublikasikan secara terbuka melalui layar video nantinya ataupun bisa diakses melalui handphone masing-masing.

Kemudian, Pemerintah Kabupaten Bengkayang mendapat kuota penerimaan seleksi ini kurang lebih 800-an Aparatur Sipil Negara (ASN) lebih dari 50%.

"Kabupaten Bengkayang dapat kuota kurang lebih 800-an, ASN lebih dari 50% adalah P3K (guru mendominasi ditambah 10 formasi untuk Penyuluh pertanian dan 300 lebih formasi tenaga teknis seperti Nakes dan Pol PP serta  formasi untuk Kecamatan," terang Gerardus.

Untuk itu, lanjut Gerardus bahwa sarana formasi ASN baru akan diumumkan secara resmi setelah ada kepetusan oleh Bupati terkait formasi serta  persyaratan yang harus dipersiapkan oleh para peserta seleksi tersebut. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved