Breaking News:

Pemprov Kalbar Publikasikan 3.289 SOP dan 569 Standar Pelayanan Publik yang Bisa Diakses Masyarakat

Kepala Biro Organsisasi, Rita Hastarita mengatakan kegiatan hari  ini dalam rangka melakukan publikasi Repository SOP dan SP standar pelayanan publik

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Perwakilan OPD Pemprov Kalbar melakukan Penandatangan Komitmen Bersama untuk Pelaksanaan Budaya Kerja ASN yang Prima yang berlangsung di Ruang DAR Kantor Gubernur,Selasa 11 Mei 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melakukan Penandatangan Komitmen Bersama untuk Pelaksanaan Budaya Kerja ASN yang Prima yang berlangsung secara virtual di Ruang DAR Kantor Gubernur, Selasa 11 Mei 2021.

Adapun tema yang diangkat yakni ASN Pilah Sampah bersama Bank Sampah Serta Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik berupa penayangan Repository SOP dan SP pada portal satu data Pemprov Kalbar.

Kepala Biro Organsisasi, Rita Hastarita mengatakan kegiatan hari  ini dalam rangka melakukan publikasi Repository SOP dan SP standar pelayanan publik seluruh perangkat daerah pada portal satu data pemprov Kalbar

Kegiatan ini juga sekaligus melakukan  Penandatangan Komitmen Bersama untuk Pelaksanaan Budaya Kerja ASN yang Prima antara Perangkat ASN dan Bank Sampah yang berlangsung secara virtual di Ruang DAR Kantor Gubernur,Selasa 11 Mei 2021.

Baca juga: Bupati Jarot Sebut 19 Lokasi Usulan WPR dari Pemkab Sintang Belum Direspon Pemprov Kalbar

Dimana keduanya merupakan amanat dari reformasi birokasi  yang ditetapkan pusat sehingga wajib bagi Pemda untuk melaksanakan menerapkan pelayanan publik dan pelaksanaan budaya kerja di daerah.

“Pada penayangan SOP prosedur pelayanan publik ini di portal Satu Data aksesnya terbuka bisa di download oleh masyarakat. Sejauh ini untuk SOP kita sudah lakukan publikasikan sebanyak 3.289 SOP dan standar pelayanan publik 569 jenis,”jelasnya.

Dikatakannya langkah tersebut di lakukan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik di Pemprov Kalbar khususnya pada publikasi informasi pelayanan publik.

Dimana dalam hal ini masyarkaat sangat butuh informasi terkait kepastian waktu, standar pelayanan dan biaya lainnya.

Sedangkan untuk pelaksanaan budaya kerja juga sudah tertuang dalam Pergub nomor 156 tahun 2020 tentang budaya kerja di Pemprov Kalbar.

Dimana harus menanam nilai PRIMA yakni Profesional, Responsif , Integritas melayani dan akuntabel yang harus berbentuk impelementatif. Sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Dalam nilai budaya integritas ada poin yakni bersih diri dan lingkungan yang dikolaborasikan secara Pentahelix  antar pemda dan perguruan tinggi.

“Dalam hal ini  kita berkolaborasi dengan bank sampah Untan dan beberapa lainnya. Sehingga nanti didalam pola sampah perkantoran akan terpilah menjadi tiga yakni sampah organik, non organik ekonomis dan sampak oranik ekonomis,” jelasnya.

Dimana dikatakannya dibidang kebersihan lingkungan  ini akan dikordinator oleh Dinas LHK Provisni.

“Sehingga menjadi Prima atau pintar pilah sampah yang bekerjasama dengan lima bank sampah,” ujarnya.

Dimana nanti hasil dari jual beli sampah akan didonasikan kepada petugas kebersihan pada tiap OPD masing-masing untuk keperluan lainnya. (*)

Penulis: Anggita Putri
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved