Breaking News:

Pontianak Pertahankan Opini WTP 10 Tahun Beruntun, Erdi Abidin Nilai Pontianak Punya Sistem Baik

Pengamat Kebijakan Publik Untan Pontianak Dr Erdi Abidin M Si menilai bahwa mengelola jalanya pemerintah sesuai dengan kaidah-kaidah yang ditetapkan K

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/File Tribun
Pengamat Kebijakan Publik, DR Erdi Abidin 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pengamat Kebijakan Publik Untan Pontianak Dr Erdi Abidin M Si menilai bahwa mengelola jalanya pemerintah sesuai dengan kaidah-kaidah yang ditetapkan Kementerian Keuangan itu tidak mudah.

Oleh karena itu, capaian yang diraih Pemkot Pontianak berupa opini WTP dari BPK selama 10 tahun berturut-turut menandakan bahwa Kota Pontianak sudah memiliki sistem kerja yang berjalan baik.

“Mampu mempertahankan WTP secara terus menerus menandakan bahwa Pemkot Pontianak itu telah punya sistem kerja dalam mengelola pemerintah yang berjalan dengan sangat baik,” ujarnya kepada Tribun, Jumat 7 Mei 2021.

Kendati demikian, Ia juga tidak menampik bahwa peran periode pemerintah kota Pontianak saat dipimpin oleh Sutarmidji dan kemudian dilanjutkan oleh Edi Kamtono bahwa sistem yang sudah dibangun itu hingga kini masih berjalan dengan baik.

Baca juga: Pertahankan Predikat WTP 10 Tahun Beruntun, Edi Instruksikan Seluruh OPD Akuntable Kelola Anggaran

“Sistemnya sudah betul tinggal dijalankan saja dengan baik, siapapun nantinya yang akan menjadi walikota dan menggunakan sistem yang ada saat ini, predikat WTP akan terus menerus bisa diraih setiap tahun,” ujarnya.

Poin berikutnya, Erdi menyampaikan bahwa dalam mengelola pemerintahan sudah tentu memiliki banyak keterbatasan.

Beberapa di antarnya keterbatasan dana dan sumber daya. Menurutnya sudah selayaknya, Gubernur sebagai wakil dari pemerintah pusat dari daerah memberikan apresiasi terhadap daerah-daerah yang mampu mempertahakan WTP dalam kurun waktu yang lama seperti Pemerintah Kota Pontianak.

“Saya pikir itu tidak perlu lagi disuarakan oleh para akademisi lagi, Kalau saya berada di posisi Gubernur saya akan memberikan apresiasi kepada daerah yang mampu mempertahakan WTP secara terus menerus,” ujarnya.

Menurutnya hal itu penting dilakukan oleh Gubernur, Sebab regulasi yang dilakukan oleh para pemerintah ditingkat dua merupakan arahan dari pemerintah pusat.

Bentuk apresiasi bisa diberikan dalam berbagai bentuk, mulai dari bantuan insentif atau penghargaan kepada peraih WTP atau penambahkan waktu pelatihan peningkatan skill SDM para aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kota/Kabupaten.

Halaman
12
Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved