Breaking News:

10 Tahun Raih Predikat WTP, Satar Minta Pemkot Pontianak Terus Perbaiki Kinerja

Ia menerangkan bahwa prestasi WTP ke 10 beruntun itu merupakan prestasi atas akuntabilitas kinerja seluruh jajaran pemerintah kota pontianak yang baik

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rokib
Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin saat di wawancara. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua DPRD Kota Pontianak Satarudin memberikan apresiasi terhadap kesuksesan pemerintah kota pontianak mempertahakan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK terhadap laporan keuangan daerah selama 10 tahun berturut-turut.

"Hasil itu tentunya sangat membanggakan, ada keberlanjutan pemerintah yang baik antara periode pemerintah yang lalu dan pemerintah saat ini yang dipimpin oleh pak Edi Kamtono," ujarnya Jumat 7 Mei 2021.

Ia menerangkan bahwa prestasi WTP ke 10 beruntun itu merupakan prestasi atas akuntabilitas kinerja seluruh jajaran pemerintah kota pontianak yang baik.

Baca juga: Pontianak Pertahankan Opini WTP 10 Tahun Beruntun, Erdi Abidin Nilai Pontianak Punya Sistem Baik

Kendati demikian, Satar menilai bahwa capai tersebut juga tidak bisa dilepaskan dari peran serta para legislator yang berada di DPRD Kota Pontianak.

Menurutnya seluruh anggota DPRD juga menjalankan peran secara aktif mengawal jalannya pembangunan sesuai dengan tupoksi dari wakil rakyat. Beberapa di antaranya tugas penganggaran, legislasi, hingga pengawasan.

"Opini WTP yang diraih itu harapannya akan semakin baik kinerja pemkot dan pastinya korupsi tidak dapat terjadi. mungkin Jak ade catatan terhadap laporan keuangan itu, oleh karena itu perlu diperbaiki dan jadi catatan agar lebih baik di tahun depan," paparnya.

"Jangan sampai sudah 10 kali WTP, itu tak itu jak catatanye dari BPK. haros lebeh baek lah," tegasnya.

Ia menilai bahwa peranan Inspektorat selaku badan pengawasan internal pemerintah yang bertugas mengontrol pengawasan kinerja pemerintah pada kegiatan pembangunan, kegiatan kepegawaian, dan pelayanan pada masyarakat berjalan baik.

"Tentu Inspektorat sebagai unsur pendukung tugas wali kota harus secara intensif menjalankan peran-peran khusus dalam mengendalikan dan menjaga raihan WTP yang sudah dicapai selama 10 tahun ini," pungkasnya. (*)

Editor: Hamdan Darsani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved