Breaking News:

Ramadan 2021

Kuliner Khas Kota Pontianak, Sotong Pangkong Jadikan Pengujung Tak Bisa Move On

"Setiap hari 100 an porsi dalam sehari. Kalau dengan tahun lalu jauh lah, tahun ini turun drastis. Sebelum adanya covid-19 lebih ramai dari sekarang l

TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD ROKIB
Sotong Pangkong di Jalan Merdeka Barat Kecamatan Pontianak Kota Kota Pontianak Kalimantan Barat. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Berpusat di Jalan Merdeka Barat Kecamatan Pontianak Kota Kota Pontianak Kalimantan Barat, Sotong Pangkong menjadi kuliner khas yang diminati oleh masyarakat Kota Pontianak.

Sotong Pangkong yang sudah sejak puluhan tahun ini dijual ketika bulan Ramadan.

Masyarakat Kota Pontianak mulai membuka stand Sotong Pangkong di sepanjang Jalan Merdeka Barat ini sejak pukul 17.00 Hingga pukul 01.00 WIB.

Sejauh pantauan Tribun Pontianak tampak pada malam hari masyarakat antusias berkunjung dan menikmati enaknya Sotong Pangkong yang disajikan dengan kekhasannya yakni dengan cara tradisional sekitar 3 menit mulai di panggang, dipangkong dengan palu kemudian disajikan dengan pelengkapnya yakni sambal kacang dan sambal cabai pedas.

Sotong Pangkong di Jalan Merdeka Barat Kecamatan Pontianak Kota Kota Pontianak Kalimantan Barat.
Sotong Pangkong di Jalan Merdeka Barat Kecamatan Pontianak Kota Kota Pontianak Kalimantan Barat. (TRIBUNPONTIANAK/MUHAMMAD ROKIB)

Salah satu penjual Sotong Pangkong (Sopang), Murli (41) menyampaikan, bahwa dirinya mulai buka jualan hanya selama Ramadan setiap pukul 17.00 sampai 01.00 WIB.

Sambil menyiapkan sajian Sotong Pangkong pengunjungnya, ia mengatakan, antusias masyarakat yang berkunjung ke tempat dagangannya itu, setelah ibadah tarawih (malam hari) saja. Jika sore hari memang diakuinya sepi lantaran masyarakat menjalani puasa Ramadan.

Dengan harga per porsi Sopang bervariasi, mulai dari harga Rp20 sampai 70 ribu.

Ia mengaku semenjak adanya pandemi covid-19 ini pengunjung turun secara drastis.

Baca juga: Baitul Maal Hidayatullah Kalbar Ajak Santri Nikmati Penganan Khas Ramadhan Pontianak Sotong Pangkong

"Setiap hari 100 an porsi dalam sehari. Kalau dengan tahun lalu jauh lah, tahun ini turun drastis. Sebelum adanya covid-19 lebih ramai dari sekarang lakunya sotong sebelum Covid sampai 400 sotong. Karena ini masih ada imbas-imbasnya covid jadi agak menurun," kata pedagang Sotong Pangkong yang sudah sejak 11 tahun lamanya.

Sementara itu, pengunjung Deni (51) menyampaikan, bahwa pihaknya bersama keluarga memang setiap malam berkunjung menikmati Sotong Pangkong di Jalan Merdeka Barat.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved