Breaking News:

Sambut Lebaran, Tukar Uang Baru Bisa Dilakukan di 141 Cabang Perbankan

bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang pecahan untuk kebutuhan Lebaran maka bisa melakukan di 141 titik penukaran yakni di seluruh perbankan

TRIBUN PONTIANAK/HAMDAN DARSANI
Masyarakat melakukan penukaran uang di Bank Mandiri Sambas, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Tradisi nanggok yang kerap ditemukan saat Lebaran membuat banyak masyarakat mempersiapkannya sejak awal.

Yakni melakukan penukaran uang pecahan kecil dan baru untuk persiapan tersebut.

Ramadan dan Lebaran 2021, Bank Indonesia Perkirakan Kebutuhan Uang di Kalbar Capai Rp 2,7 T

Guna memfasilitasi kebutuhan uang pecahan tersebut, Bank Indonesia bekerjasama dengan perbankan untuk melayani penukaran.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Agus Chusaini menjelaskan bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang pecahan untuk kebutuhan Lebaran maka bisa melakukan di 141 titik penukaran yakni di seluruh perbankan yang terdapat di 12 kabupaten dan 2 kota.

Bank Indonesia Sebut Inflasi Kalbar Sepanjang Tahun Ini Terkendali

“Untuk penukaran uang selama Ramadan itu bisa dilakukan di perbankan. Mungkin bisa disampaikan kepada masyarakat dapat langsung menukarkan ke perbankan di seluruh kantor bank harusnya membuka penukaran. Nah ini memang kita mintakan selama Ramadan dan jelang Lebaran ini mereka mempersiapkan diri, jika diperlukan bisa membukan counter khusus penukaran, dan ini terdapat 141 titik penukaran di 14 Kabupaten dan Kota di wilayah Kalbar,” paparnya saat konferensi pers terkait perkembangan ekonomi terkini di Kalbar pada Senin 26 April 2021.

Revisi Angka Pertumbuhan Ekonomi Nasional, BI Pastikan Tak Akan Pengaruhi Kalbar

Bank Indonesia Kalbar juga masih menyiapkan penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI dengan mekanisme dan persyaratan yang lebih mudah.

“Sejak 22 Maret 2021 lalu, 1 KTP bisa digunakan untuk penukaran hingga 100 lembar UPK 75 RI per hari,” jelasnya.

Selain di Bank Indonesia, penukaran UPK 75 RI bisa dilakukan Bank Mandiri, BNI, BCA, CIMB Niaga, Bank Kalbar dan BRI.

Begini Cara Mudah Dapat Uang Baru 75000 UPK 75 Tahun RI, Awali dengan Pesan di Pintar.bi.go.id

Agus mengatakan UPK 75 RI merupakan alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI. Hal ini diatur dalam Peraturan Bank Indonesia No 22/11/PBI/2020 tentang Pengeluaran Uang Rupiah Khusus.

“Lima hal yang bisa dilakukan dengan UPK 75 RI yakni untuk berbelanja memenuhi kebutuhan, kebutuhan THR lebaran, mahar pernikahan, media mengenalkan kebudayaan, serta disimpan sebagai koleksi,” ujarnya.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved