Breaking News:

Ramadan dan Lebaran 2021, Bank Indonesia Perkirakan Kebutuhan Uang di Kalbar Capai Rp 2,7 T

kas Bank Indonesia Kalimantan Barat posisi pada tanggal 23 April 2021 sebesar Rp 4,3 triliun. Artinya lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan

TRIBUN PONTIANAK/NINA SORAYA
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalbar Agus Chusaini (kanan) saat menyampaikan keterangan pers terkait inflasi di Kalbar pada Senin, 26 April 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ramadan dan jelangan Lebaran tahun ini, Bank Indonesia memproyeksi kebutuhan uang di Kalbar mencapai Rp 2,7 triliun.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat, Agus Chusaini, mengatakan angka ini mengalami peningkatan sekitar 80 persen bila dibandingkan tahun 2020 lalu.

Revisi Angka Pertumbuhan Ekonomi Nasional, BI Pastikan Tak Akan Pengaruhi Kalbar

“Bila mengingat bulan yang sama di tahun lalu, maka itu masa awal pandemi, dilakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) aktivitas masyarakat terbatas,” ujarnya saat konferensi pers terkait kondisi ekonomi terkini, Senin 26 April 2021.

Sementara realisasi kebutuhan uang di momentum Ramadan dan Lebaran tahun 2020 sebesar Rp1,5 triliun.

Agus menjelaskan proyeksi kebutuhan uang mempertimbangkan tren data historical outflow, asumsi makroekonomi dan kebijakan pemerintah.

Bank Indonesia Sebut Inflasi Kalbar Sepanjang Tahun Ini Terkendali

“Sementara kas Bank Indonesia Kalimantan Barat posisi pada tanggal 23 April 2021 sebesar Rp 4,3 triliun. Artinya lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Lebaran 2021,” sampainya.

Dalam kesempatan tersebut, ia menyampaikan bahwa layanan kas periode Ramadan dan Lebaran 1442 H yakni dari 12 April hingga 11 Mei 2021 di perbankan.

Lalu bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang pecahan kecil untuk kebutuhan Lebaran maka bisa melakukan di 141 titik penukaran yakni di seluruh perbankan yang terdapat di 12 kabupaten dan 2 kota.

Waspada Hoaks Bank Indonesia Minta Data Pribadi Lewat Email untuk Pencairan Dana

“Untuk penukaran uang selama Ramadan itu bisa dilakukan di perbankan. Mungkin bisa disampaikan kepada masyarakat dapat langsung menukarkan ke perbankan di seluruh kantor bank harusnya membuka penukaran."

"Nah ini memang kita mintakan selama Ramadan dan jelang Lebaran ini mereka mempersiapkan diri, jika diperlukan bisa membukan counter khusus penukaran, dan ini terdapat 141 titik penukaran di 14 Kabupaten dan Kota di wilayah Kalbar,” paparnya.

Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved