Pilkada Sekadau

Polres Kerahkan 185 Personel untuk Amankan Penghitungan Surat Suara Ulang di Sekadau

Pengamanan sekarang ini masih menjadi rangkaian pengamanan tahapan Pilkada Kabupaten Sekadau.

Editor: Jamadin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Marpina
Persiapan Polres Sekadau dalam pengamanan jelang PSSU di Sekadau 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SEKADAU - Kapolres Sekadau AKBP K Tri Panungko mengatakan telah mengerahkan 185 personel untuk memberikan pengamanan pelaksanaan Penghitungan Surat Suara Ulang (PSSU) Pilkada Sekadau 2020. Di antaranya dari Brimob dan Sabhara Polda Kalbar.

PSSU Pilkada Sekadau 2020 yang berlangsung di halaman Kantor KPU Sekadau, untuk Kecamatan Belitang Hilir yang akan dilaksanakan, Senin 12 April 2021.

Kapolres menuturkan, nantinya pola pengamanan yang digunakan adalah pembentukan empat ring pengamanan. Empat ring tersebut meliputi sekitar ruas jalan menuju KPU, depan pintu masuk, halaman dan bagian belakang kantor KPU.

"Pengamanan ini, merupakan bentuk kesiapan menghadapi PSU yang akan digelar tidak lama lagi, agar berjalan sesuai standar operasional prosedur yang telah ditentukan," ujar Kapolres, Minggu 11 April 2021.

Kapolres menjelaskan, para personel tersebut akan dibagi dalam beberapa kegiatan. Ada yang pengamanan pelaksanaan penghitungan suara ulang di Kantor KPU Sekadau pada hari H sampai dengan selesai.

Baca juga: Tim Aron-Subandrio Siapkan Belasan Saksi Untuk Penghitungan Surat Suara Ulang

“Ada kegiatan patroli dalam sekala besar di wilayah Kabupaten Sekadau dengan sasaran rumah Paslon, posko pemenangan, jalan-jalan protokol Kabupaten Sekadau dan tempat-tempat lain tempat berkumpulnya massa kedua belah Paslon,” katanya.

Pengamanan sekarang ini masih menjadi rangkaian pengamanan tahapan Pilkada Kabupaten Sekadau.

“Jadi sudah menjadi antisipasi pengamanan Polres Sekadau sampai tahapan Pilkada selesai,” jelas AKBP K Tri Panungko.

Dalam pengamanan, Polres Sekadau juga akan didukung personel TNI. Selain itu juga akan ada tambahan personel sebagai penebalan keamanan dari BKO Brimob dan Sabhara Polda Kalbar, masing-masing satu peleton.

Berkenaan dengan teknis pengamanan, nantinya juga akan tetap berpedoman pada protokol kesehatan, mengingat PSSU digelar di tengah pandemi Covid-19.

Sehari jelang PSSU, Tim Pemenangan Rupinus-Aloysius melakukan pembekalan bagi saksi. Ada delapan saksi yang dipersiakan untuk terlibat langsung dalam proses penghitungan suara ulang di Kantor KPU Sekadau.

Baca juga: Besok Putusan Sengketa Pilkada Sekadau, Rupinus-Aloysius dan Aron-Subandrio Sama-sama Yakin Menang

Para saksi ini sekaligus mewakili partai koalisi yang mengusung Rupinus-Aloysius. "Yang aktif hanya empat orang, tapi dipersiapkan delapan saksi untuk bergiliran. Pihak KPU minta disiapkan delapan saksi," ungkap Tim Pemenangan Rupinus-Aloysius, Ponsianus Herman.

Herman mengatakan, pembekalan itu bertujuan untuk menyesuaikan petunjuk teknis dari KPU dan menyamakan persepsi tentang PSSU agar tidak terjadi miskomunikasi di antara saksi-saksi.

"Pembekalan dilakukan di sekretariat PDI-Perjuangan pada hari ini," ujarnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved