Breaking News:

Kunker ke Kalbar, Menko Mahfud dan Menteri Tito Akan Hadir Pada Acara Gerbangdutas 2021 di PLBN Aruk

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji serta Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili juga tampak telah hadir langsung pada acara Gerbangdutans dengan tetap m

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wagub Kalbar saat menyambut kedatangan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD selaku Ketua Pengarah BNPP, bersama Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP Tito Karnavian mendarat di Bandara Supadio Pontianak, Jumat 9 April 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD selaku Ketua Pengarah BNPP, bersama Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP Tito Karnavian datang ke Kalbar untuk menghadiri acara Gerbangdutas tahun 2021.

Kegiatan Gerakan Pembangunan Terpadu Kawasan Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2021 digelar di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Jumat 9 April 2021.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan selaku Ketua Pengarah BNPP Mahfud MD, bersama dengan Menteri Dalam Negeri selaku Kepala BNPP Tito Karnavian dan rombongan telah mendarat di Bandara Supadio Pontianak disambut langsung oleh Wagub Ria Norsan.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji serta Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili juga tampak telah hadir langsung pada acara Gerbangdutans dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Sementara 14 Gubernur lain seperti Gubernur Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, Papua, serta 53 Bupati/Walikota di wilayah kawasan perbatasan akan mengikuti acara secara daring melalui zoom meeting.

BNPP sebelumnya telah terlebih dahulu menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi dan Konfirmasi Rencana Aksi pelaksanaan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw dengan Organisasi Perangkat daerah Kabupaten Sambas dan Provinsi Kalimantan Barat.

Baca juga: Gubernur Kalbar Minta Perusahaan yang Mengekspor Bauksit Wajib Bayar Pajak Air Permukaan 

Dalam kegiatan Gerbangdutas 2021 akan dicanangkan sejumlah anggaran Kementerian/Lembaga dalam Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan (PBWN-KP) Tahun 2021 dimana jumlahnya mencapai Triliunan rupiah.

Selain itu dalam acara Gerbangdutas 2021 akan dilakukan peresmian atau penyerahan secara simbolis Program dan Kegiatan K/L yang telah selesai tahun sebelumnya, serta peluncuran perdana pameran virtual komoditas unggulan daerah perbatasan tahun 2021.

Gerbangdutas merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk meningkatkan koordinasi terkait pengelolaan kawasan perbatasan negara.

Adapun tujuan kegiatan ini untuk mendukung percepatan pembangunan di kawasan perbatasan negara dan membangun sinergitas K/L dan Pemerintah Daerah. (*)

Penulis: Anggita Putri
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved