Breaking News:

UPDATE Harga BBM Per April 2021 - Pertalite Tiga Daerah Rp 8.000 Per Liter, Minyak Tanah Rp 11.220

Berikut ini adalah daftar lengkap harga BBM terbaru mulai 1 April 2021 yang dijual di SPBU-SPBU Pertamina.

DESTRIADI YUNAS JUMASANI
ISI BBM- Seorang pekerja sedang mengisi bahan bakar Pertalite ke kendaraan konsumen di SPBU Paris II, Jl Ahmad Yani, Pontianak, belum lama ini. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - PT Pertamina (Persero) telah merilis daftar harga terbaru bahan bakar minyak (BBM) umum untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Daftar harga baru BBM tersebut diumumkan di laman resmi Pertamina, dan sudah diberlakukan sejak kemarin, Kamis 1 April 2021.

Melansir laman Pertamina, daftar harga baru BBM pada periode ini dilakukan untuk penyesuaian harga BBM, dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020.

Kepmen itu mengatur tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Baca juga: Daftar Harga BBM Terbaru Hari Ini 2021 Berlaku di SPBU Pertamina Seluruh Indonesia

Pada periode ini, harga BBM tidak mengalami perubahan, kecuali di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Keputusan menaikkan harga BBM di wilayah ini dikarenakan adanya perubahan kebijakan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

Melansir Kompas.com, dalam aturan itu terdapat perubahan tarif PBBKB khusus bahan bakar nonsubsidi dari sebelumnya 5 persen disesuaikan menjadi 7,5 persen di wilayah Sumatera Utara.

Dengan adanya penyesuaian tersebut, maka harga BBM di Sumatera Utara mengalami kenaikan sebesar Rp 200 per liter.

Sementara itu, untuk rincian harga BBM yang dirilis Pertamina di tiap daerah berbeda-beda.

Perbedaan patokan harga BBM ini juga tergantung pada jenisnya, yakni Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamax Racing, Dexlite, Pertamina Dex, Solar Non-Subsidi, dan Minyak Tanah Non-Subsidi.

Halaman
1234
Editor: Marlen Sitinjak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved