Breaking News:

Ramadan Tahun Ini Semua Masjid Boleh Dibuka Kembali, Ketua DMI Kalbar Ajak Umat Makmurkan Masjid

Ia mengatakan DMI Kalbar telah menyusun jadwal untuk mengisi kegiatan tersebut dengan tujuan untuk memakmurkan masjid agar masjid tetap ramai pada bul

TRIBUNPONTIANAK/ANGGITA PUTRI
Ketua DMI Kalbar, Ria Norsan saat ditemui di Ruang Kerjanya di Kantor Gubernur Kalbar, Selasa 30 Maret 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kalimantan Barat, H Ria Norsan mengajak menjelang Bulan Suci Ramadhan untuk seluruh umat muslim di Kalbar ikut memakmurkan masjid.

Ia mengatakan bahwa pada Bulan Ramadhan tahun ini DMI Kalbar mempunyai beberapa program mulai dari dakwah, kajian, dan menyerahkan bantuan Al-Quran kepada masjid di Kalbar.

“Nanti kita program Kultum selama 7 menit menjelang buka puasa dan juga Dakwah di Masjid, serta mengisi kultum menjelang taraweh. Kemudian sesudah salat subuh diisi dengan kajian keagamaan,”ujarnya, Selasa 30 Maret 2021.

Ia mengatakan DMI Kalbar telah menyusun jadwal untuk mengisi kegiatan tersebut dengan tujuan untuk memakmurkan masjid agar masjid tetap ramai pada bulan Ramadhan, bulan yang dimuliakan Allah.

“Kita memakmurkan masjid merupakan anjuran dari Allah SWT,” ucapnya.

Baca juga: Doa Rasulullah SAW Menyambut Ramadan dan Persiapan Nabi Muhammad SAW Jelang Ramadhan

Selain itu, DMI Kalbar juga akan memberikan bantu sembako kepada Marbot Masjid yang ada di Kalbar. Kemudian mengadakan beberapa pelatihan. Namun disesuaian karena saat ini Kalbar sedang di landa Covid-19.

“Jadi dimasa Pandemi Covid-19 akan di sesuaikan pelatihannya seperti cara memandikan mayat. Kalau sebelumnya kita praktekan sampai tahap menyolatkan,”ujarnya.

Selain itu dikatakannya sebelum adanya pandmei Covid-19, setiap bulan Suci Ramadhan selalu diisi dengan pengajian akbar mendatangkan ustad kondang dari Jakarta

“Tapi karena covid-19 maka ditunda dulu karena tidak boleh ada kerumunan,”ucapnya.

Dikatakannya terkait bantuan untuk kebersihan masjid seperti tahun lalu masih menunggu pusat apakah masih ada program tersebut.

Baca juga: Keutamaan Bulan Ramadhan dan Hikmah Bulan Ramadan bagi Umat Islam

“Kalau ada akan kita sampaikan kepada masjid di Kalbar. Sedangkan untuk bantuan menyerahkan 20 ribu Alquran sudah sampai ke daerah seperti Karimata, dan daerah lain,”ujarnya.

Ia mengatakan bahwa Pimpinan DMI Pusat sudah mengeluarkan edaran untuk membuka masjid dan masyarakat muslim dianjurkan untuk beribadah di Masjid.

“Artinya masjid harus dibuka dan DMI sudah mengeluarkan edaran untuk menganjurkan masyarakat terawih di masjid dan ini sudah ada edarannya tapi tetap dengan menerapkan prokes covid-19,”ujarnya.

Ia mengatakan adapun yang menjadi refleksi ditahun ini menyambut bulan Ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun lalu yang tidak bisa beribadah Kusyuk. Kemudian tidak bisa silaturahim dengan keluarga karena tidak di perbolehkan.

“Mudah-mudahan ramadhan tahun ini kita sudah meninggalkan sedikit-sedikit dan bisa melakukan yang tidak bisa kita lakukan tahun lalu.Mudah-mudahan kita bisa memetik hikmah yang semakin baik. Ibadah pun semakin baik,” pungkasnya. (*)

Penulis: Anggita Putri
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved