Breaking News:

Karhutla di Kalbar Semakin Meluas, Pangdam XII Tangjungpura Tinjau Lokasi

Selain meninjau upaya pemadaman yang dilakukan Satgas Karhutla dalam kesempatan tersebut, kedua petinggi TNI dan Polri di Kalbar ini tidak segan juga

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pangdam XII dan Kapolda Kalbar saat tinjau lokasi Karhutla di Kabupaten Kubu Raya. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad bersama Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol R. Sigid Tri Hardjanto meninjau langsung proses pemadaman kebakaran lahan yang dilakukan oleh Satgas Karhutla di sejumlah lokasi kebakaran di wilayah Kabupaten Kubu Raya, Minggu 28 Februari 2021.

Dalam peninjauan Pangdam dan Kapolda didampingi para pejabat utama Kodam XII/Tpr dan Polda Kalbar.

Peninjauan diawali dengan pelaksanaan apel di SMA 4 Kubu Raya dilanjutkan dengan meninjau lokasi kebakaran lahan, diantaranya di Desa Limbung, Desa Sekunder C dan SMKN 1 Sungai Raya.

Selain meninjau upaya pemadaman yang dilakukan Satgas Karhutla dalam kesempatan tersebut, kedua petinggi TNI dan Polri di Kalbar ini tidak segan juga turut langsung bersama Satgas Karhutla memadamkan api.

Baca juga: Tanggulangi Karhutla, Kapolres Kubu Raya Dorong Percepatan Penggalian Parit

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad disela peninjauan menjelaskan, peninjauan secara langsung ini dilakukan oleh jajaran Kodam XII/Tpr dan Polda Kalbar dalam rangka mengetahui sejauhmana kesiapan dan pelaksanaan tugas dari Satgas Penanganan Karhutla di wilayah Kubu Raya.

"Kami melihatnya di sini, dari kesiapan pasukan, sudah hampir dua minggu anggota kita disini untuk melaksanakan tindakan pencegahan serta penanggulangan Karhutla yang ada di wilayah Kubu Raya," jelas Pangdam.

Pangdam XII/Tpr mengapresiasi kepada Satgas Penanganan Karhutla, karena Satgas ini telah berhasil mengamankan aset milik pemerintah diantaranya ada SMA 4 Kubu Raya, SMP 12 Sungai Raya dan SDN 5 Sungai Raya.

"Alhamdulilah berkat kesiapan Satgas TNI-Polri, BPBD, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api, Satpol PP dan komponen masyarakat lainnya ini bisa segera diatasi bahkan bisa diselamatkan. Saya kira ini suatu hal yang bagus, ini bukti bahwa TNI-Polri dengan stake holder lainnya selalu hadir ditengah masyarakat," kata Pangdam XII/Tpr.

Baca juga: Dua Bangunan SMKN 1 Sungai Raya Terbakar, Kadisdik Kalbar Imbau Kepsek Waspada Bencana Karhutla

Dalam kesempatan tersebut Pangdam XII/Tpr dan Kapolda Kalbar yang didampingi para Pejabat Utama Kodam dan Polda memberikan bantuan kepada Satgas Karhutla diantaranya di SMK 4 Kubu Raya, Posko Terpadu Manggala Agni Kalimantan VIII/Pontianak dan SMKN 1 Sungai Raya.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad mengatakan, pemberian bantuan tersebut sebagai bentuk apresiasi dan peduli dari pimpinan kepada Satgas Karhutla yang telah melaksanakan tugas mulia menanggulangi kebakaran lahan.

"Kami juga mengapresiasi kepada Satgas Karhutla ini dengan memberikan sedikit bantuan untuk menambah semangat berupa vitamin, susu, obat - obatan, Sembako dan APD," kata Pangdam.

Pangdam XII/Tpr mengatakan juga, diharapkan dengan adanya bantuan ini menambah semangat dan moriil rekan - rekan prajurit TNI-Polri dan masyarakat dalam upaya mengatasi Karhutla di Kubu Raya.

"Diharapkan ini bisa menambah kemauan dan kemampuan dari Satgas yang ada disini," pungkas Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad. (*)

Penulis: Ferryanto
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved