3 Aplikasi dan Situs Website untuk Cari Rumah Subsidi Beserta Lokasi hingga Harga Rumah

Ada beberapa aplikasi dan situs website yang dapat dimanfaatkan untuk mencari rumah subsidi dari pemerintah

THINKSTOCKS/SARINYAPINNGAM
Ilustrasi jual beli rumah subsidi 2021. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Ada beberapa aplikasi dan situs website yang dapat dimanfaatkan untuk mencari rumah subsidi dari pemerintah.

Pemerintah memang memberikan pembiayaan rumah bersubsidi, salah satunya melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Dalam membantu akses informasi mengenai rumah bersubsidi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyediakan tiga layanan daring atau online.

Ketiganya dapat dimanfaatkan untuk mengecek informasi mengenai rumah subsidi, lokasi, harga, pengembang, dan transaksi pembeliannya.

Baca juga: BELI RUMAH DP 0 Persen Berlaku Mulai Maret 2021 - Ini Tipe Rumah dan Bank yang Memberlakukan

Apa saja?

1. Situs Kementerian PUPR

Melansir indonesia.go.id, masyarakat yang ingin mendapatkan informasi seputar rumah bersubsidi dapat mengakses di laman resmi milik Kementerian PUPR, http://rumahsubsidi.pu.go.id/.

Situs web ini menyediakan informasi mengenai ketersediaan rumah subsidi di semua provinsi Indonesia.

Akan tersedia informasi mengenai lokasi rumah subsidi, data luas bangunan, jumlah kamar, luas tanah, tipe rumah, hingga nama pengembang.

Para pengembang juga dapat mengakses laman ini untuk memasukkan data perumahan bersubsidinya.

Untuk mengakses informasinya, pengunjung laman hanya perlu memasukkan kategori data perumahan subsidi yang hendak dicari, terutama lokasi provinsi dan kabupaten/kota, di kolom yang sudah tersedia.

Baca juga: Viral DP Rumah 0 Persen untuk Kredit Properti ! Cek Syarat DP Rumah 0 Persen

2. Situs SiKumbang

Selain situs web resmi Kementerian PUPR, akses informasi juga dapat dilakukan melalui situs web Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang), https://sikumbang.ppdpp.id.

Laman yang dikelola terpusat oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR dikembangkan untuk pendataan perumahan bersubsidi maupun tidak, beserta informasi lokasi hingga identitas pengembang.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved