Breaking News:

CHINA Bohongi Dunia Global Soal Covid-19, WHO Ungkap Dugaan Asal Usul Virus Corona di Wuhan Tiongkok

Embarek mengatakan, pihaknya mendesak untuk mendapatkan akses terhadap ratusan ribu sampel darah di Wuhan kepada otoritas China. Tapi ditolak

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA VIA KONTAN.CO.ID
CHINA Bohongi Dunia Soal Covid-19, WHO Ungkap Dugaan Asal Usul Virus Corona di Wuhan Tiongkok. Cek selengkapnya di artikel berikut ini SElasa 16 Februari 2021 / ILUSTRASI. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - China adalah satu di antara negara pertama yang diduga menjadi tempat merebaknya virus Corona jenis baru, Coronavirus SARS-CoV-2.

Varian baru virus Corona tersebut lantas berkembang menjadi pandemi global yang ditetapkan dengan nama Covid-19

NAh, baru-baru ini, Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO - World Health Organization - menuding pemerintah China telah membohongi publik global terkait informasi mengenai pandemi virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 tersebut.

Dikutip dari laman Kontan.co.id yang menyadurnya dari Kompas.com, tim ahli dari WHO menemukan sinyal bahwa Covid-19 yang pertama kali muncul di Wuhan, China atau yang di Indonesia disebut Tiongkok, pada 2019 sebenarnya jauh lebih luas daripada yang diperkirakan.

Baca juga: PRANCIS Kerahkan Kapal Selam Nuklir ke Laut China Selatan, Tantang China di Front Indo-Pasifik

Hal itu diungkapkan oleh salah satu tim ahli dari WHO yang menyelidiki asal-usul Covid-19 di Wuhan beberapa waktu lalu, Peter Ben Embarek, kepada CNN.

Peter Ben Embarek mengatakan, pihaknya mendesak untuk mendapatkan akses terhadap ratusan ribu sampel darah di Wuhan.

Namun, otoritas China sejauh ini belum mengizinkan permintaan itu.

Embarek mengatakan kepada CNN dalam sebuah wawancara bahwa upaya penyelidikan tersebut telah menemukan beberapa tanda penyebaran Covid-19 pada 2019 yang lebih luas.

Dia juga menyebut ada lebih dari selusin strain virus yang sudah ada di Wuhan pada Desember 2019 sebagaimana dilansir dari 9News, Senin 15 Februari 2021.

Baca juga: CHINA Vs Taiwan Terkini, Tiongkok Luncurkan Kapal Patroli Terbesar | Langsung Pantau Selat Taiwan

Tim tersebut juga memiliki kesempatan untuk berbicara dengan pasien pertama yang menurut pejabat China telah terinfeksi tanpa catatan riwayat perjalanan.

Halaman
123
Editor: Ishak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved