Breaking News:

CHINA Vs Amerika Serikat Menuju Perang Besar di Laut China Selatan ? Konflik Taiwan Pemicu Utama ?

Tak kurang dari Vietnam, Malaysia dan Filipina punya konflik langsung dengan China lantaran klaim sepihak Tiongkok atas penguasaan Laut China Selatan

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA VIA KONTAN.CO.ID
CHINA Vs Amerika Serikat Menuju Perang Besar di Laut China Selatan ? Konflik Taiwan Pemicu Utama. Cek selengkapnya di artikel ini Selasa 9 Februari 2021 / ILUSTRASI. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - China dan Amerika Serikat adalah dua di antara negara yang dikenal dengan kemampuan militer dan jumlah armada tempur terbesar di dunia.

Tensi yang meningkat di wilayah Laut China Selatan yang secara sepihak diklaim oleh Tiongkok, menjadikan perairan yang dikenal kaya akan sumber daya alam di sekitar wilayah Asia Tenggara tersebut menjadi daerah ‘panas’.

Tak kurang dari Vietnam, Malaysia dan Filipina punya konflik langsung dengan China lantaran klaim sepihak Tiongkok atas penguasaan wilayah Laut China Selatan tersebut.

Baru-baru ini, sang negara adidaya Amerika Serikat juga ‘’ turut campur ‘’ dengan menerjunkan sejumlah armada tempur lautnya di sekitar wilayah Laut China Selatan yang tengah disengketakan tersebut.

TIONGKOK Kerahkan Helikopter Tempur Z-20 ke Uighur Xinjiang, Persiapan Jika China Vs India Perang?

Situasi itu tak pelak membawa pada sebuah prediksi China Vs Amerika Serikat bukan tak mungkin akan terlibat dalam pertempuran besar di wilayah Laut China Selatan.

Dalam situasi itu, ketegangan antara China Vs Taiwan bisa saja menjadi jalan pembuka.

Seperti diketahui, China Vs Amerika Serikat saat ini memang semakin memanas lantaran dukungan Paman Sam (julukan Amerika Serikat) terhadap kemerdekaan Taiwan.

Sementara di lain pihak, China sendiri siap mendeklarasikan perang jika Taiwan benar-benar memaksakan kemerdekaanya.

SEJARAH Asal Kata Imlek, Penyebutan untuk Tahun Baru di Indonesia yang Berbeda dengan di China

Dengan tensi yang tak kalah panas di sekitar wilayah Laut China Selatan, bukan tak mungkin perang akan melebar ke wilayah dekat kawasan Asia Tenggara itu jika perang China Vs Amerika Serikat plus Taiwan pecah.

Lantas, bagaimana nasib Indonesia yang wilayahnya juga berbatasan langsung dengan sejumlah besar wilayah Laut China Selatan tersebut?

Halaman
123
Editor: Ishak
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved