Breaking News:

Hindari Abrasi Pantai, BPSPL Tanam 90 Ribu Bibit Mangrove di Pantai Selakau Sambas

"Hal ini kami lakukan, untuk mengurangi abrasi didaerah pesisir pantai Kecamatan Selakau," ujarnya, Senin 4 Januari 2020.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Penanaman 90 ribu bibit mangrove di sepanjang pantai Kecamatan Selakau, Kabupaten Sambas. (Istimewa)  

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Dalam rangka pengaplikasian Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan program pemberdayaan masyarakat daerah pesisir.

Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut (BPSPL) Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) melaksanakan program penanaman mangrove di Desa Sungai Nyirih dan Desa Sungai Rusa Kecamatan Selakau.

Yang mana kegiatan tersebut bekerjasama dengan salah satu kelompok penggiat lingkungan, yaitu kelompok pesisir Polaria.

Disampaikan oleh Ketua kelompok pesisir Polaria Kecamatan Selakau, Kukuh mengatakan program penanaman mangrove dari BPSPL Pontianak Kalbar itu dilaksanakan dalam rangka mencegah terjadinya abrasi pantai di sepanjang Pantai Selakau.

Baca juga: Update Terbaru Pasien Covid-19 di Sambas, 86 Pasien Sembuh dan 13 Meninggal Dunia

"Hal ini kami lakukan, untuk mengurangi abrasi didaerah pesisir pantai Kecamatan Selakau," ujarnya, Senin 4 Januari 2020.

"Program penanaman mangrove ini juga melibatkan masyarakat sekitar dalam hal pemberdayaan masyarakat pesisir baik pada saat penyemaian dan penanaman," jelasnya.

Kata dia, pada kegiatan tersebut sedikitnya ada 90 ribu bibit mangrove yang mereka tanam di sepanjang pantai Selakau.

Selain menanam mangrove di areal kurang lebih 10 hektare itu, mereka juga mencoba melakukan pembibitan mangrove, yang kemudian akan digunakan untuk penanaman kembali.

"Ada sekitar 90 ribu bibit mangrove jenis Rhizophora yang ditanam dan 27 ribu batang untuk penyemaian dimana panjang keseluruhan area yang di tanam kurang lebih 1.292 meter dengan luar area sekirar 10 hektare," tutupnya. (*)

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Try Juliansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved