Breaking News:

'Seakan-akan Bali Harus Diselamatkan, Sementara Daerah Lain Tidak Perlu Diselamatkan dari Corona'

“Satgas Kalbar tetap memakai syarat hasil laboratorium PCR negatif, baru boleh masuk ke wilayah Kalbar,” tegas Harisson

TRIBUN PONTIANAK/ ANGGITA PUTRI
Kadiskes Kalbar, Harisson. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Satgas Penanggulangan Covid-19 Kalbar sudah menegaskan akan tetap menggunakan hasil tes swab PCR negatif sebagai syarat masuk Kalimantan Barat melalui Bandara Supadio.

Satgas Penanggulangan Covid-19 Kalbar menegaskan tak akan mendowngrade atau menurunkan standar skrining atau pemeriksaan terhadap orang yang diduga positif covid seperti yang diminta Kemenhub, yaitu melalui rapid test antigen.

“Satgas Kalbar tetap memakai syarat hasil laboratorium PCR negatif, baru boleh masuk ke wilayah Kalbar,” tegas Harisson kepada Tribun Pontianak, Minggu 27 Desember 2020.

Harisson menyampaikan, bahwa rapid test tidak direkomendasikan untuk skrining di pintu masuk Bandara.

Hal tersebut juga disampaikan Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDS PakKlin) 8 Desember 2020 lalu.

Baca juga: Tak Pakai Standar Kemenhub, Masuk Kalbar Tetap Harus Negatif Corona Berdasarkan Hasil Swab PCR

Selain itu juga penggunaan rapid test antigen tidak direkomendasikan penggunaan pada orang yang asimtomatik atau tanpa gejala.

Hal ini juga sesuai dengan interim guidance WHO pada 11 September 2020, dimana penggunaan di Airport dan penggunaan pada orang asimtomatik tidak direkomendasikan.

“Jadi apa yang dilakukan oleh SATGAS Penanganan COVID-19 Kalbar itu sudah sesuai berbasis bukti dan keilmuan (evidence based),” tegas Harisson, Minggu 27 Desember 2020.

Harisson mengatakan, Kemenhub yang memakai standar rapid antigen negatif hanya akan sia-sia.

Hal itu karena masih ada yang akan lolos dan kondisi tersebut sudah dibuktikan pada penumpang Batik Air yang 20 persen dari sampel yang telah dilakukan pemeriksaan ternyata positif.

Baca juga: Harisson Tegaskan Keputusan Satgas Kalbar Terapkan Wajib PCR Masuk Kalbar Sudah Tepat

Halaman
123
Penulis: Anggita Putri
Editor: Nasaruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved