Breaking News:

Peran Koperasi Petani Kelapa Sawit di Subah Sambas Diminta Terus Dimaksimalkan

Idealnya, kata dia, koperasi dapat memiliki usaha simpan pinjam, usaha dagang sembako, dan penyediaan bibit bibit unggul. Sehingga nantinya akan diper

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Anggota Komite II DPD RI, Christiandy Sanjaya saat pertemuan secara virtual Koperasi Kabile Makmur di desa Sungai Sapa, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Satu diantara senator Kalbar, Christiandy Sanjaya mendorong agar peran koperasi petani kelapa sawit di Subah Sambas terus dimaksimalkan.

Hal ini dikatakan Anggota Komite II DPD RI ini saat pertemuan secara virtual Koperasi Kabile Makmur di desa Sungai Sapa, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas, Minggu 27 Desember 2020.

Ketua Pengurus Koperasi Kabile Makmur, Purwanto menerangkan jika koperasi yang dipimpinnya beranggotakan 102 orang.

Sejak berdirinya hanya sebagai penghubung antara Perusahaan kelapa sawit dengan petani kelapa sawit dalam melakukan transaksi pembayaran saja.

Idealnya, kata dia, koperasi dapat memiliki usaha simpan pinjam, usaha dagang sembako, dan penyediaan bibit bibit unggul. Sehingga nantinya akan diperoleh Sisa Hasil Usaha (SHU) keuntungan bagi seluruh anggotanya.

Dalam dialog tersebut Christiandy Sanjaya menyampaikan perlunya pengurus koperasi terus mengembangkan kegiatan usaha agar dapat menjadi koperasi yang ideal.

Dengan jumlah anggota yang banyak ini, menurut Christiandy merupakan aset yang luar biasa, sangat potensial untuk mengembangkan usaha sehingga dapat menjadi koperasi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Christiandy Sarankan Pengembangan Usaha Tahu Dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Untuk itu sangat penting para pengurus menguasai secara benar prinsip-prinsip dari koperasi serta menjalin hubungan ke aparat desa, Kecamatan dan Kabupaten.

"Pemerintah pasti akan mendukung upaya pengembangan koperasi ini," kata Christiandy.

Pada kesempatan yang sama Christiandy Sanjaya menanyakan, tentang tenaga penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan sesuai dengan fungsinya sebagai pengawas, khususnya pada saat ini tentang Undang Undang No 16 tahun 2006.

Kahar Rumanto, Sekretaris koperasi menyampaikan jika sejauh ini belum pernah ada tenaga penyuluh yang mendampingi petani kelapa sawit, yang ada hanya dari dinas Koperasi dari Kabupaten Sambas.

Mendengar itu, Christiandy berharap kedepan diharapkan kehadiran tenaga penyuluh yang profesional dan mumpuni, untuk meningkatkan produktivitas di masa mendatang.

Diakhir pertemuan, Christiandy Sanjaya memberikan bantuan kepada Koperasi Kabile Makmur berupa dana yang dapat dimanfaatkan untuk pembelian bibit, pupuk atau biaya operasional koperasi serta berterimakasih atas aspirasi dan informasi yang disampaikan mengenai keberadaan koperasi dan tenaga penyuluh di desa Sungai Sapa, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved