Breaking News:

Bentuk Satgas Pembatasan Sosial Berbasis Komunitas, Ini Penjelasan Kadinkes Pontianak

Momentum hari kesehatan nasional untuk bersama menyatukan tekad saling menjaga kesehatan dan kedisiplinan taat protokol kesehatan

Penulis: Hamdan Darsani | Editor: Zulkifli
TRIBUN PONTIANAK/ HAMDAN
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu menuturkan bahwa peringatan hari kesehatan nasional tahun 2020 yang masih dalam situasi pandemi, menjadi latar belakang Pemkot Pontianak mengambil tema ‘Satukan Tekad’.

Momentum hari kesehatan nasional untuk bersama menyatukan tekad saling menjaga kesehatan dan kedisiplinan taat protokol kesehatan agar tak tertular Covid-19.

“Mari kita bersatu dalam tekad untuk bagaiman kita disiplin, menjaga keluarga dan komunitas social kita dari penyakit, bukan saja covid tapi juga penyakit menular yang endemis maupun penyakit tidak menular,” ujarnya.

Menurutnya hal tersebut merupakan prilaku atau kebiasaan untuk mencegah penyebaran penyakit. 

“Kuncinya itu adalah bagaimana membiasakan hidup bersih dan sehat, oleh karena itu temanya satukan tekad.

Tekad itu niat untuk mewujudkan kesehatan masing-masing,” ujarnya.

Baca juga: Upaya Pencegahan Bertambahnya Zona Merah, Ini Kata Kadinkes Kalbar

Pada saat puncak perayaan peringatan hari kesehatan nasional 2020 yang diselenggarakan di Halaman Pasar Flamboyan Pontianak juga dikukuhkan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Pembatasan Sosial Berbasis Komunitas oleh Wali Kota Pontianak, Kamis 12 November 2020.

Adanya pengukuhan ini, masing-masing komunitas memiliki satgas yang bertugas mengawasi perilaku orang-orang yang ada dalam komunitasnya masing-masing.

"Konsep dari komunitas ini di antaranya tersedianya sarana dan prasarana protokol kesehatan dan ada yang memberikan teguran bagi siapapun yang berada dalam komunitas itu yang melanggar protokol kesehatan," ujarnya

Selain itu, dalam melakukan langkah mitigasi, satgas yang terbentuk ini bisa mengambil langkah-langkah pencegahan apabila ada anggota komunitas yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Tujuannya agar jangan sampai menular ke anggota lainnya," ujarnya.

Pada momen tersebut juga Diskes Kota Pontianak membagikan ribuan masker kain kepada pengunjung dan para pedagang di pasar Flamboyan. 
 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved