Breaking News:

Dukung Potensi Pertanian Sambas, Erwin Dorong Pemda Bentuk BUMD Khusus Ekspor

Maka dia mendorong agar Pemda kedepannya bisa membentuk sebuah lembaga atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bisa menaungi sektor eksport-Impor.

Penulis: M Wawan Gunawan | Editor: Rivaldi Ade Musliadi
TRIBUNPONTIANAK/M WAWAN GUNAWAN
Sekretaris Komisi 2 DPRD Kabupaten Sambas, Erwin Johana, saat menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif DPRD Kabupaten Sambas, siang tadi di gedung DPRD Kabupaten Sambas, Selasa (10/3/2020). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SAMBAS - Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Sambas, yang membidangi bidang ekonomi dan pertanian, Erwin Johana mengatakan untuk mendukung potensi pertanian yang dimiliki oleh Sambas saat ini.

Maka dia mendorong agar Pemda kedepannya bisa membentuk sebuah lembaga atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang bisa menaungi sektor eksport-Impor.

"Kita berharap Pemda bisa berinovasi untuk meningkatkan nilai jual dari hasil pertanian Kabupaten Sambas. Karena mengingat Blitar punya beberapa komoditas unggulan seperti Jeruk, Petai Sambas atau misalnya buah naga dan lain-lain," katanya, 1 Oktober 2020.

Dukung Pertumbuhan Ekonomi Perbatasan, PLBN Aruk Tetap Lakukan Kegiatan Ekspor

"Kalau memasuki musim panen, biasa harganya anjlok. Maka kita mendorong Pemda dan mendukung untuk mendirikan satu lembaga atau BUMD yang nantinya bisa menaungi masyarakat untuk bisa melakukan ekspor keluar," tuturnya.

Menurut Erwin, adanya PLBN Aruk harus di manfaatkan dengan semaksimal mungkin oleh Pemda dan masyarakat Sambas.

Kata dia, dirinya tidak mau kalau Masyarakat Sambas nantinya hanya menjadi penonton, jika pihak-pihak lainnya sudah bergerak lebih dulu.

"Jadi ini peluang kita (PLBN-Red) makanya jangan sampai ini tidak dimanfaatkan dengan maksimal, lalu masyarakat kita tidak mendapatkan apa-apa. Apalagi kalau nanti mereka hanya menjadi penonton, itu yang tidak kita inginkan," ungkapnya.

Disisi lain, dia juga berharap pemerintah daerah hingga pusat bisa memperkuat sektor pertanian. Dan menjaga lahan, agar tidak terjadi alih status lahan pertanian menjadi pemukiman dan lainnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved