Penggiat Remaja Parit Bugis Darat Bentuk Program Kreatif Bagi Anak Muda Kubu Raya

Dijelaskan oleh Sekretaris RPBD, Sri Mulyani yang mengaku bahwa banyak aksi yang sudah mereka lakukan untuk menebar manfaat.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami | Editor: Zulkifli
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Remaja Parit Bugis Darat atau RPBD di Dusun Karya 1 Desa Kuala Dua, Kabupaten Kubu Raya membentuk program kreatif bagi anak-anak muda agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan wilayah lainnya. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Remaja Parit Bugis Darat atau RPBD di Dusun Karya 1 Desa Kuala Dua, Kabupaten Kubu Raya membentuk program kreatif bagi anak-anak muda agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan wilayah lainnya. 

Terbentuk sejak 25 Maret 2020, komunitas ini sudah beranggotakan 35 orang yang terdiri dari latar belakang umum yang berbeda pula.

Dijelaskan oleh Sekretaris RPBD, Sri Mulyani yang mengaku bahwa banyak aksi yang sudah mereka lakukan untuk menebar manfaat. 

Diantaranya ialah, Program sosial, Program pendidikan, dan Program Seni Dan Kreatif.

Tidak hanya itu, komunitas ini terbentuk karena terinspirasi karena keinginan mereka untuk memberikan manfaat kepada warga sekitar dan membantu keluhan ekonomi bagi warga yang terdampak Covid-19.

"Kegiatan Aksi Peduli COVID-19 selain membagikan sembako juga mengedukasi warga terkait protokol kesehatan.

Bekerjasama dengan pengusaha dan anggota DPRD Kalbar dan gabungan organisasi perbankan serta ditintelkam Polda Kalbar," ujarnya. 

Tim Gabungan Polres Kubu Raya Laksanakan Operasi Yustisia Covid-19

Remaja Parit Bugis Darat atau RPBD di Dusun Karya 1 Desa Kuala Dua, Kabupaten Kubu Raya juga mengajak anak-anak dalam mengedukasi terkait protokol kesehatan mulai dari wajib menggunakan masker, mencuci tangan, hingga menjaga jarak dengan harapan, ke depan anak - anak tersebut jika sudah diperbolehkan masuk sekolah, mereka telah terbiasa dan mengerti terkait protokol kesehatan.

Sri mengatakan, beberapa kegiatan juga telah mereka lakukan, seperti semarak ramadhan membangunkan warga sahur dengan alat sederhana, memasang 100 pelita sambut malam Nuzul Qur'an, membagikan makanan nasi bungkus kepada pengemis dan pemulung serta anak jalanan, membagikan snack kepada anak anak disekitaran dusun karya 1 dan membagikan takjil untuk berbuka kepada beberapa panti asuhan dan panti jompo. 

Tidak hanya itu, mereka juga membagikan sembako kepada warga yang sakit dan dirawat dirumah bekerjasama dengan rumah zakat produk makanan dan partai Golkar, bermain Sitkom untuk program religi di Kompastv Pontianak hingga perayaan 17 Agustus dengan mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan bersama Ikatan istri partai Golkar Kubu raya. 

Kegiatan kreatif juga mereka lakukan diantaranya membuat masker unik dan kreatif bagi warga dusun karya 1 bekerjasama dengan pkk desa Kuala Dua, kegiatan lomba pakai seragam sekolah SD bagi pelajar SD yang rindu akan sekolah dan mengajarkan protokol kesehatan dan pasar murah bagi warga parit Bugis dan sekitarnya bekerjasama dengan Bulog kalbar dan kegiatan membagikan sembako bagi warga kurang mampu dan yatim piatu. 

Dikatakan Sri, Aksi sosial yang dilakukan RPBD ini pun mendapat apresiasi dari Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan. Karena mereka berani peduli bagi wilayah dan masyarakat yang membutuhkan.

Selain itu, Sri juga menyayangkan kejadian dibeberapa daerah dengan adanya penolakan jenazah covid- 19.

Maka dari itu, para remaja Parit Bugis Darat memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak menolak jenazah covid-19, karena tentu sudah dilakukan proses sesuai protokol oleh Dinas Kesehatan.

--

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved