Breaking News:

Tes Narkoba Syarat Utama Masuk Perguruan Tinggi

Alasan itu kuat digunakan untuk menutupi kelemahan yang ada pada fase remaja. Bagi para remaja khususnya mahasiswa, menjalankan pola hidup sehat sanga

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA/INSTAGRAM @UNIVTANJUNGPURA/INSTAGRAM @UNTAN.PONTIANAK/KOLASE
Daftar Perguruan Tinggi Terbaik se Indonesia, Lihat Posisi Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID,PONTIANAK - Masa remaja memang waktunya untuk mencoba segala sesuatu yang baru. Menikmati setiap waktu untuk menjadi penerus bangsa. Namun, hingga saat ini masih banyak terdengar para remaja yang ikut terpengaruh akan keadaan faktor luar yang tidak bisa dielakkan, seperti menggunakan narkoba.

Bukan perkara baru, narkoba di kalangan remaja memang menjadi sesuatu yang sepertinya memiliki ikatan tersendiri. Hal itu terjadi bukan tanpa alasan.

Ada beberapa alasan yang banyak mereka katakan, bagi para pecandu narkoba seperti, tekanan sosial, pelarian dari masalah, bentuk pemberontakan, kurang percaya diri, dan kesenangan sesaat,

Alasan itu kuat digunakan untuk menutupi kelemahan yang ada pada fase remaja. Bagi para remaja khususnya mahasiswa, menjalankan pola hidup sehat sangat penting bagi tubuh.

Tidak muluk-muluk berbicara tentang pola hidup sehat, remaja dan mahasiswa juga bisa mengenali ciri-ciri bagi para pengguna narkoba untuk tidak terlibat di dalamnya.

Badan Narkotika Nasional (BNN) terus bersinergi dengan berbagai elemen, untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkoba. Seperti kerja sama dengan sejumlah Perguruan Tinggi dalam penyediaan fasilitas tes kesehatan terhadap para calon mahasiswa, untuk memastikan dirinya benar-benar terbebas dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

IKIP PGRI Pontianak Raih Peringkat 5 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik se-Kalimantan Tahun 2020

Hal tersebut juga sebagai syarat utama, agar diterima menjadi mahasiswa pada salah satu perguruan tinggi. Di mana calon mahasiswa harus menyertakan Surat Keterangan Hasil Pemeriksaan Narkotika (SKHPN), yang menyatakan terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

Syarat tersebut diharapkan agar para mahasiswa memiliki kesadaran untuk menolak penyalahgunaan narkotika. Apabila sejak awal sudah dibekali dengan persyaratan tersebut dan dinyatakan negatif, semoga hingga lulus dapat menghindari narkoba.

Berikut, poin penting yang harus kamu lakukan untuk menghindari
obat-obatan berbahaya:

Pertama, Kehilangan Jati Diri. Nah, remaja yang sudah coba-coba dan ikut-ikutan lama kelamaan akan kehilangan jati dirinya. Baginya semua orang tidak lagi penting, karena zat adiktif yang ada dalam tubuh membuatnya tidak membutuhkan orang lain.

Halaman
123
Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Rivaldi Ade Musliadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved