Breaking News:

PENTING, Yuk Cek Fakta dan Mitos Seputar Usus Buntu

Radang Usus buntu atau biasa yang kita sebut istilah medisnya adalah apendisiti

Penulis: Iin Sholihin | Editor: Iin Sholihin

RADANG usus buntu itu apa sih ya? Tribunpontianak.co.id merangkum tulisan dari dua dokter Kalbar yakni dr Chelwy Joycestio Vrixander dan Eric Herrianto Dwiputra SKed.

Radang Usus buntu atau biasa yang kita sebut istilah medisnya adalah apendisitis merupakan peradangan pada usus buntu (apendiks vermiformis) dan merupakan salah satu penyebab nyeri perut akut yang paling sering.

Terus, posisinya dimana sih organ ini? Usus buntu (Apendiks vermiformis) ini sebenarnya adalah organ yang berbentuk tabung panjang, berongga sempit, dan terletak pada perut kanan bawah. Usus buntu memiliki panjang kira-kira 10 cm dan berpangkal di sekum, yang merupakan bagian dari usus besar.

Kenapa bisa radang usus buntu?

Nah, sebenarnya penyebab utama dari penyakit usus buntu ini adalah usus buntu yang tersumbat. Sumbatan ini penyebabnya bermacam-macam sobat! Seperti feses yang keras, ada cacing yang menyumbatnya, ada tumor, ataupun benda asing yang masuk ke tubuh.

Ketika usus buntu tersumbat, usus buntu akan meradang, membengkak, dan pada akhirnya terjadilah apendisitis ini.

Jika penyumbatan berlanjut, jaringan yang meradang menjadi terinfeksi oleh bakteri dan mulai mati karena kekurangan suplai darah, yang akhirnya menyebabkan perforasi apendiks (apendiks berlubang atau pecah).

Penyebab lain yang diduga dapat menimbulkan apendisitis adalah erosi mukosa apendiks karena parasit seperti cacing Ascaris lumbricoides.

Siapa saja sih yang bisa terkena penyakit ini? Apa saja faktor risikonya yang paling sering menyebabkan radang usus buntu?

Nah, berikut beberapa faktor risiko yang mengakibatkan seseorang lebih mungkin terkena radang usus buntu nih sobat!

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved