Wabah Virus Corona

VAKSIN COVID-19 asal China Ternyata Sudah Ada di Indonesia, Ini Penjelasan Kemenlu dan Bio Farma

Vaksin Covid-19 asal China yang diproduksi Sinovac Biotech Ltd ternyata telah ada di tanah air.

NICOLAS ASFOURI / AFP
Foto Ilustrasi - Foto ini diambil pada tanggal 29 April 2020 ini. Seorang ilmuwan melihat sel-sel ginjal monyet saat melakukan tes pada vaksin eksperimental untuk virus corona COVID-19 di dalam laboratorium Cells Culture Room di fasilitas Sinovac Biotech di Beijing. Sinovac Biotech, yang melakukan salah satu dari empat uji klinis yang telah disetujui di China, telah mengklaim kemajuan besar dalam penelitiannya dan hasil yang menjanjikan di antara monyet. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, JAKARTA - Vaksin Covid-19 asal China yang diproduksi Sinovac Biotech Ltd ternyata telah ada di tanah air.

Pihak Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI telah mengonfirmasi bahwa vaksin virus corona tersebut telah sampai di Indonesia, pada Minggu (19/7/2020) kemarin.

Dijelaskan Pelaksana Tugas Juru Bicara Kemenlu RI, Teuku Faizasyah, vaksin Covid-19 tak akan langsung digunakan untuk pasien.

Faizasyah mengungkapkan, vaksin dari perusahaan asal China itu telah diserahkan kepada PT Bio Farma.

Selanjutnya, vaksin tersebut akan dilakukan uji klinis.

"Betul, sudah sampai pada Minggu. Sudah diserahkan ke Bio Farma," ujar Faizasyah ketika dikonfirmasi Kompas.com, pada Senin (20/7/2020).

Kesembuhan Covid-19 Kalbar Peringkat 1 Nasional, Tercatat 13 Kabupaten/Kota Tanpa Kasus Positif

Dalam hal ini, kata dia, Kemenlu hanya memfasilitasi proses vaksin dari China ke Indonesia.

Untuk mengembangkan vaksin ini, Indonesia bekerja sama dengan China lewat kerja sama internasional.

"Strategi jangka pendek memang untuk memastikan akses ke vaksin manakala sudah siap diproduksi dan ini dilakukan melalui kerja sama internasional," tutur Faizasyah.

Selain itu, Indonesia juga membentuk konsorsium nasional sebagai upaya jangka menengah/panjang dalam membangun kemandirian atas akses vaksin Covid-19.

Penjelasan Bio Farma

Perusahaan BUMN, PT Bio Farma memang bekerja sama dengan perusahaan asal China, Sinovac Biotech Ltd dalam memproduksi vaksin untuk virus corona Covid-19.

Direktur Utama PT Bio Farma, Honesti Basyir sebelumnya menyebutkan, vaksin Covid-19 yang diproduksi Sinovac sudah melewati uji klinis fase I dan II.

Uji klinis tahap III akan segera dilakukan di berbagai negara dalam waktu dekat, termasuk di Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved