Breaking News:

PENTING, Apa Benar Penderita Ambeien Wajib Operasi?

Ambeien biasanya disebut wasir/hemoroid. Nah, bagi sobat yang mungkin masih asing dengan istilah ini

Penulis: Iin Sholihin | Editor: Iin Sholihin
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
dr Chelwy Joycestio Vrixander (kiri) dan Eric Herrianto Dwiputra SKed 

PENTING, Apa Benar Penderita Ambeien Wajib Operasi?

Ambeien biasanya disebut wasir/hemoroid. Nah, bagi sobat yang mungkin masih asing dengan istilah ini, ambeien merujuk pada pembengkakan pembuluh darah yang terjadi pada rektum bawah maupun anus (dubur).

Nah, pembengkakan ini seringkali menimbulkan keluhan, mulai dari keluhan ringan seperti gatal pada daerah dubur, hingga keluhan yang berat seperti perdarahan.Lalu kok bisa ya terjadi ambeien ini?

Yuk kita bahas bersama dr Chelwy Joycestio Vrixander dan Eric Herrianto Dwiputra SKed

Hemoroid normalnya merupakan jaringan vaskular (berpembuluh darah) di dalam kanal dubur dan ada pada orang normal.

Nah, hemoroid yang membesar, meradang, prolaps (dinding rektum menonjol keluar dari anus), ataupun mengalami trombosis (penggumpalan darah) itulah yang baru menyebabkan keluhan.

Hemoroid dibagi menjadi dua, yaitu hemoroid internal dan eksternal. Nah, mekanismenya ada banyak nih, seperti penurunan aliran balik darah vena.

Penurunan aliran balik ini disebabkan oleh pengejanan saat buang air besar. Kehamilan dan tekanan yang besar pada otot dubur juga disinyalir menyebabkan penurunan aliran darah balik vena.

Penuaan juga berkontribusi terhadap munculnya hemoroid akibat struktur penyokong dubur yang mendukung terjadinya prolaps.

Struktur penyokong ini dapat terjadi pada dekade ketiga kehidupan. Pembesaran dan prolaps ini menyebabkan lapisan dubur ini mudah luka dan berdarah.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved