Tinggal Klik! E-Dabu, Urusan Administrasi JKN-KIS Badan Usaha Beres

Berbagai layanan publik pun berlomba-lomba memanfaatkan teknologi untuk kemudahan memberikan layanan kepada masyarakat.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Tinggal Klik! E-Dabu, Urusan Administrasi JKN-KIS Badan Usaha Beres. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Kemajuan teknologi memberikan banyak manfaat bagi kemudahan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Berbagai layanan publik pun berlomba-lomba memanfaatkan teknologi untuk kemudahan memberikan layanan kepada masyarakat. 

Begitu pula dengan BPJS Kesehatan yang telah menghadirkan aplikasi E-Dabu (Electronik Data Badan Usaha). 

Aplikasi E-Dabu merupakan aplikasi berbasis web untuk mempermudah Badan Usaha mulai dari pendaftaran hingga pengelolaan data pekerja yang didaftarkan ke program JKN-KIS.

Sebagai salah satu PIC (Person In Charge) dari Badan Usaha yang ada di Kota Pontianak, Sunardi (25) mengaku dengan kehadiran aplikasi tersebut dirinya sangat terbantu untuk mengurus kepesertaan JKN-KIS seluruh pekerjanya.

3 Kali Operasi Hadiah Bebas Biaya Berkat JKN-KIS

Dirinya yang kala itu turut menghadiri sosialisasi terkait Aplikasi E-Dabu yang diselenggarakan BPJS Kesehatan Cabang Pontianak, mengatakan dengan adanya aplikasi tersebut, dirinya sudah tidak perlu untuk datang ke kantor cabang untuk mengurus data kepesertaan pekerjanya.

“Aplikasi ini sangat melancarkan pekerjaan saya sebagai staf HRD (Human Resource Departement). Praktis sekali, untuk menambah tenaga kerja, mutasi, melihat tagihan  semuanya tinggal klik tidak perlu bolak-balik  ke kantor cabang," tutur Sunardi.

Menurut Sunardi aplikasi E-Dabu menjadi solusi semua keperluan administrasi, sampai cetak kartu pun bisa dilakukan di aplikasi ini.

Sunardi berharap kedepannya BPJS Kesehatan tak henti memberikan kemudahan dan terus menghadirkan inovasi demi menambah  kenyamanan pesertanya.

"Adanya aplikasi ini memang sangat membantu kami, khususnya para HRD yang memang mengurusi data pekerja. Dengan aplikasi ini, kita bisa lagsung menginput data pekerja yang masih belum terdaftar, mengubah data kepesertaan hingga menyetak kartu kepesertaan pun dapat dilakukan dalam aplikasi ini," tambah Sunardi.

Aplikasi E-Dabu yang dihadirkan BPJS Kesehatan sangat memudahkan Badan Usaha dalam pengurusan administrasi misalnya melakukan perubahan mutasi data pekerja seperti mutasi tambah anggota keluarga, mutasi pindah pekerja, mutasi gaji, dan lain-lain.

Badan Usaha yang belum mendaftar dapat juga melakukan pendaftaran via aplikasi E-Dabu melalui alamat https://edabu.bpjs-kesehatan.go.id/Edabu/, setelah mendaftar BU akan mendapatkan notifikasi yang berisi link aplikasi E-Dabu, username, dan password.  Selanjutnya BU dapat melakukan proses pendaftaran dan approval data pekerja dan anggota keluarganya secara mandiri dan realtime tanpa harus ke kantor BPJS Kesehatan. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Editor: Dhita Mutiasari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved