Pengamat Pendidikan Kalbar Nilai Pelaksanaan PPDB 2020 Berjalan Lebih Baik

Satu di antaranya penambahan jalur masuk melalui prestasi yang mencapai 30 persen.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANGGITA PUTRI
Pengamat Pendidikan Universitas Tanjungpura, Aswandi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 sudah dianggap lebih baik dari tahun sebelumnya menurut pengamat pendidikan Kalimantan Barat, Dr. Aswandi.

Dalam penuturannya, Pengamat Pendidikan Kalbar ini menyampaikan bahwa pelaksanaan tahun ini lebih baik dilihat dari berbagai aspek.

Satu di antaranya penambahan jalur masuk melalui prestasi yang mencapai 30 persen.

"Tahun ini saya lihat lebih baik, apalagi penerimaan jalur prestasi sudah mencapai 30 persen, karena tahun sebelumnya hanya 15 persen saja" ungkapnya.

Pengaduan Masyarakat Tak Terlalu Tinggi, Ombudsman: Sekolah Tetap Berhati-hati Saat Verifikasi Data

Selain itu Dr. Aswandi menyatakan proses penerimaan lebih mudah jika masyarakat mengikuti alur pendaftaran yang sudah ditentukan oleh pemerintah, serta proses penerimaan tahun ini menutup celah untuk melakukan kecurangan seperti sistem titik murid.

"Karena pendaftaran tahun ini bersifat online, jadi istilah titip anak tidak akan mudah untuk dilakukan. Proses penerimaan saya rasa akan lebih transparan dan baik" lanjutnya.

Meski demikian Dr. Aswandi tidak bisa memungkiri adanya kekurangan mengingat perbedaan kemampuan setiap daerah dan lokasi sekolah saat ini tidak merata di setiap wilayah.

Sehingga siswa harusnya diberi kelonggaran jika memang tidak terdapat sekolah disekitar tempat tinggal.

"Saya rasa sistem zonasi saja yang masih harus lebih di perbaiki, karena ada beberapa wilayah yang tidak memiliki SMA/ SMK sehingga tetap harus mencari sekolah yang agak jauh untuk tetap melanjutkan pendidikannya" ujarnya.

Dr. Aswandi menyarankan pada masyarakat tetap mengikuti SOP atau aturan yang sudah disiapkan dalam pelaksanaan PPDB sehingga tidak mendapatkan kendala.

Apalagi penyampaian tata cara pendaftaran sudah di sosialisasikan sejak lama sebelum proses PPDB dimulai.

"Saran saya ikuti SOP proses PPDB, pasti akan lancar prosesnya. Karena sesuai penelitian saya terkait penerimaan ini, sangat mudah jika mengikuti SOP yang telah disosialisasikan Dinas."

"Apalagi sosialisasi sudah dilakukan sejak lama melalui beberapa media yang ada, harusnya masyarakat sudah mendapatkan informasinya" pungkasnya. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved