Persiapan Menghadapi PPDB Tingkat SMP Sederajat, Orangtua Murid Sampaikan Hal Ini

Tetapi saya berharap semoga tidak terlalu dipermasalahkan dan bisa dijelaskan kepada sekolah nantinya

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NI Made Gunarsih
Yonatan, calon siswa SMP sedang memantau persiapan PPDB online 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Menghadapi proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang tahun ini dilakukan secara daring segera memasuki tahap pendaftaran bagi siswa yang akan memasuki jenjang SMP/sederajat, berbagai persiapan telah dilakukan oleh orangtua siswa seperti yang dilakukan oleh Nova yang merupakan ibu dari Yonatan.

Yonatan merupakan siswa lulusan dari SDN 29 Pontianak Timur dan saat ini telah bersiap untuk mendaftar ke beberapa sekolah yang masuk ke dalam wilayah zonasinya.

Nova sendiri menyatakan tidak terlalu kesulitan mempersiapkan berkas yang menjadi persyaratan mengingat dirinya sendiri merupakan guru yang mengajar di tingkat SMP.

Puluhan Orang Tua Datangi SMAN 2 Pontianak Sampaikan Keluhan Soal PPDB Online

" Mengenai persiapan pra pendaftaran Yonatan saya cukup paham karena kebetulan saya juga guru. Jadi saya memahami apa saja yang harus di siapkan" ungkapnya.

Selain itu Nova juga sudah mulai mengukur melalui aplikasi peta daring mengenai jarak sekolah yang terbilang dekat dengan rumahnya, mengingat pengukuran jarak tempuh siswa saat ini diukur oleh orang tua siswa.

Ketika ditanya terkait pilihan sekolah yang akan di masukki anaknya, Nova menyatakan ada 3 SMP Negeri pilihan sang anak meski saat ini belum diketahui jumlah pilihan sekolah yang ditetapkan Pemerintah.

" Kami (orangtua) dan anak sendiri sudah mempersiapkan sekira 3 sekolah terdekat sesuai aplikasi, melihat dari jumlah pilihan saat pendaftaran SMA sederajat. Tetapi kalo lebih banyak mungkin lebih baik lagi, jangan sampai lebih kecil saja," lanjut Nova.

Selain itu Nova menyatakan bahwa SD yang menjadi tempat kelulusan Yonatan juga menyediakan layanan pendaftaran bagi siswa yang akan mendaftar ke jenjang SMP dan hal ini merupakan sebuah hal yang baik bagi orang tua siswa.

"SD Negeri tempat Yonatan lulus juga memberikan bantuan kepada orang tua siswa yang akan melakukan pendaftaran SMP sehingga saya berharap orang tua lainnya yang kurang paham dapat terbantu," jelas Nova.

Meski demikian Nova sendiri tidak memungkri bahwa ia sempat kesulitan untuk mengukur jarak rumah dan sekolah mengingat jarak yang ditentukan aplikasi kemungkinan menggunakan jalan utama sehingga lebih jauh.

"Saya kurang paham tentang jarak tempuh melalui aplikasi peta daring saja, mungkin karena menggunakan jalan utama sehingga jarak sekolah yang dekat melalui jalan pintas malah menjadi jauh ketika menggunakan aplikasi. Tetapi saya berharap semoga tidak terlalu dipermasalahkan dan bisa dijelaskan kepada sekolah nantinya" ujarnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Ni Made Gunarsih
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved