human interest Story

Heri Kin: Makna Bacang adalah Mewakili Sifat Manusia

Menurut dia bacang umumnya dibuat dalam bentuk limas segitiga dengan empat sudut, masing-masing sudut mewakili sifat manusia.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang Herry Kin. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizki

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang, Herry Kin mengapresiasi Panitia Festival Bacang 2020. Menurutnya para panitia telah sangat antusias dalam menyiapkan festival tersebut.

"Mereka sangat antusias meskipun di masa Covid 19 ini, dan ide mereka membagikan bacang ke para petugas tim gugus tugas Covid 19 patut diapresiasi," ungkap Harry Kin, Kamis (26/6/2020).

Festival Bacang 2020 Singkawang Fokus Bakti Sosial

Protokol Kesehatan Dalam Festival Bacang, Panitia Usung Tema Berbagi Kasih

Ia menerangkan salah satu poin penting dari bacang adalah maknanya. Menurut dia bacang umumnya dibuat dalam bentuk limas segitiga dengan empat sudut, masing-masing sudut mewakili sifat manusia yaitu Zhi Zu, Gan En, Shan Jie, dan Bao Rong.

"Zhi zu artinya merasa puas dengan apa yang dimiliki. demikian pula kita sebagai manusia diharapkan tidak memupuk sifat serakah, Gan En artinya bersyukur. Di sini kita diajarkan untuk mengembangkan rasa syukur sebagai salah respon terhadap kebaikan yang terjadi dalam kehidupan kita," ujarnya.

Shan Jie artinya berpikiran positif. “Kita diharapkan untuk selalu menjaga pikiran bersih dan positif, tidak memandang keburukan orang lain. Terakhir adalah Bao Rong yaitu merangkul, maksudnya adalah kita sebagai manusia harus senantiasa mengembangkan sikap cinta kasih dan simpati kepada sesama yang membutuhkan," lanjutnya.

Ia menerangkan hari bakcang tersebut sudah menjadi tradisi dimana orang-orang tua Tionghoa sudah mengenal budaya tersebut. Ia berharap festival hari bakcang tersebut tidak hanya menjadi event nasional, namun juga internasional seperti halnya Cap go meh.

"Begitu juga dengan bakcang, harus bisa terkenal seperti Cap go meh," ujarnya.

Selain itu, ia mengharapkan Pemerintah dapat mendukung festival tersebut agar dapat diadakan kompetisi. "Bisa nyanyi, menari, atau keterampilan lainnya, sehingga lebih meriah nantinya," ujarnya.

Penulis: Rizki Kurnia
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved