Human Interest Story

Protokol Kesehatan Dalam Festival Bacang, Panitia Usung Tema Berbagi Kasih

Tjhai Chui Mie menuturkan, tujuan utama festival tersebut untuk memperkenalkan sejarah hari bacang

TRIBUN PONTIANAK/Rizki Kurnia
Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mencoba membuat bacang dipergelaran Festival Bakcang di Gedung Singkawang Cultural Center (SCC) Jl Yos Sudarso, Singkawang, Kalimantan Barat. Kamis (25/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Rizki

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN- Festival Bacang 2020 tetap digelar meski sedang menghadapi Pandemi Covid-19. Penyelenggara menjamin kegiatan Festival di Singkawang Cultural Center (SCC) Jl Yos Sudarso dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Dalam festival ini, kami sudah menyiapkan 50.000 bacang yang akan dibagikan. Ini di belakang saya ini ada 5.055 bacang. Kegiatan mengusung tema kemanusian atau berbagi kasih,” kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, Kamis (25/6/2020).

Pengumuman Hasil Seleksi PPDB Online SMA Provinsi Riau Hari Jumat 26 Juni Klik RIAU.SIAP-PPDB.COM

Pemkab Sekadau Bahas Persoalan Batas Wilayah Antar Desa

Wali Kota sekaligus Ketua Perhakin Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie menuturkan, tujuan utama festival tersebut untuk memperkenalkan sejarah hari bacang yang merupakan budaya Tionghoa di Kota Singkawang.

Bacang atau disebut bakcang adalah makanan khas orang Tionghoa berbentuk segitiga terdiri dari beras atau ketan, daging ayam atau sapi sebagai isian. Festival Bacang 2020 diyakini menjadi wadah memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya Tionghoa kepada generasi muda.

“Kami ingin Festival Bacang ini para generasi muda tetap mengenal dan melestarikan budaya ini,” kata Tjhai Chui Mie.

PERIKSA - Panitia melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada pengujung festival yang hendak masuk ke Gedung SSC, Kamis (25/6).
TRIBUNPONTIANAK/RIZKI KURNIA
PERIKSA - Panitia melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada pengujung festival yang hendak masuk ke Gedung SSC, Kamis (25/6). TRIBUNPONTIANAK/RIZKI KURNIA (tribun pontianak)

Kendati demikian, tidak hanya Tionghoa, wali kota juga berharap ada 17 paguyuban di Kota Singkawang juga membuat festival dengan budaya masing-masing agar bisa menjadi nilai jual Kota Singkawang yang merupakan kota pariwisata.

Menurutnya dengan banyaknya festival yang diselenggarakan di Kota Singkawang akan menjadi salah satu dukungan agar segera dapat memiliki bandara.

"Agar orang luar sana bisa datang ke Singkawang melihat beragam festival budaya. Saya selaku kepala daerah dan stake holder terus berupaya agar bagaimana bisa mendatangkan masyarakat luar datang ke Kota Singkawang melihat beragam budaya kita," ujarnya.

Ia menerangkan dirinya mendukung seluruh budaya di Kota Singkawang dalam membuat festival budaya masing-masing dan dapat dilestarikan serta dikemas sebagus mungkin.

Halaman
12
Penulis: Rizki Kurnia
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved