Breaking News:

Dorongan Penggunaan e-Voting, JaDI Kalbar: Mesti Didukung Infrastruktur

Dengan demikian, lanjut Umi, dokumen pemungutan suara berupa surat suara tetap tersedia secara fisik jika diperlukan dalam hal terjadi sengketa.

Penulis: Ridho Panji Pradana | Editor: Maudy Asri Gita Utami
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI PRADANA
Ketua Presedium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Kalbar, Umi Rifdiawaty. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ketua Presedium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Kalbar, Umi Rifdiawaty menilai jika penggunaan e-Voting pada pilkada kedepan mesti didukung dengan infrastruktur dasarnya.

Sebelumnya, mantan Ketua KPU Provinsi Kalbar ini mengatakan jika di dalam memanfaatkan teknologi untuk kualitas demokrasi dalam hal ini pemilu merupakan sebuah keniscayaan.

"Ada banyak pilihan antara lain e-voting, e-counting, e-rekap, tentu dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Yang harus dilakukan adalah kajian untuk memilih metode apa yang cocok untuk negara kita dengan mempertimbangkan beberapa aspek, misalnya terkait ketersediaan sarana, kondisi geografis, demografis, kebiasaan serta best practices negara luar yang menerapkan metode tersebut," kata Umi, Minggu (21/06/2020).

Warga Sukadana Keluhkan Daging Ayam Langka, Erwin Sudrajat Beberkan Penyebabnya

Terkait penerapan e-voting, lanjutnya, ada beberapa pengalaman buruk negara luar yang menerapkannya diantaranya berupa sistim teknologi yang eror sehingga dokumen pemungutan suara menjadi hilang.

Kejadian yang terjadi diluar negeri, menurut Umi mesti dapat dijadikan pelajaran.

"Kalau saya pribadi lebih memilih e-counting dan/atau e-rekap, artinya pemungutan suara tetap menggunakan lembaran surat suara di TPS tetapi hasil penghitungan dan/atau rekap perolehan suaranya dilakukan secara elektronik dengan menggunakan teknologi," katanya.

Dengan demikian, lanjut Umi, dokumen pemungutan suara berupa surat suara tetap tersedia secara fisik jika diperlukan dalam hal terjadi sengketa.

"Ketika memilih untuk menggunakan teknologi tentu harus didukung oleh infrastruktur," pungkasnya. (*)

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.wTribunPontianak_10091838

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved