Corona Masuk Indonesia

KABAR BAIK, Virus Corona Bisa Mati Sendiri | Dewan Pakar Ikatan Dokter Indonesia Jelaskan Covid-19

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan masyarakat adalah menyingkirkan sumber penularan dengan orang-orang yang berpotensi tertular.

Stocktrek
KABAR BAIK, Virus Corona Bisa Mati Sendiri | Dewan Pakar Ikatan Dokter Indonesia Jelaskan Covid-19 / ilustasi 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Virus Corona yang menjadi biang kerok merebaknya pandemi global Covid-19 di berbagai belahan dunia saat ini masih menjadi teror bagi warga dunia. 

Tak terkecuali di Indonesia, di mana Coronavirus jenis SARS-CoV-2 itu telah menginfeksi lebih dari 6 ribu orang, dan 530 an orang meregang nyawa di berbagai wilayah Tanah Air.

Penyebarannya yang super cepat ditambah daya 'bunuh'nya yang cukup tinggi itulah membuat virus yang pertama kali muncul di Wuhan China ini kian menakutkan. 

Namun, Dewan Pakar Ikatan Dokter Indonesia ( IDI) Abidinsyah Siregar mengungkapkan bahwa virus corona yang menular ke tubuh individu berpotensi bisa mati dengan sendirinya.

KISAH Perawat Asal Kalbar di Rumah Sakit Corona Wisma Atlet Jakarta, Pahit dan Getirnya Berbalut APD

Hal ini bisa terjadi jika sudah melalui 14 hari masa inkubasi virus yang menyebabkan Covid-19 itu.

Akan tetapi, sistem kekebalan imun individu yang telah tertular virus corona dipertaruhkan selama masa inkubasi 14 hari.

Abindinsyah menjelaskan proses yang terjadi saat tubuh terinfeksi virus corona. Hal paling penting, perilaku virus adalah mempertahankan kehidupan tergantung inangnya.

"Ada yang berinang di nyamuk, ada yang di burung, sekarang virus corona kan semestinya berinang di hewan yang sebelumnya menjadi inang, " ujar Abidinsyah dalam diskusi bertajuk "Ikhtiar Melawan Corona" yang digelar secara daring pada Sabtu (18/4/2020).

Dalam kondisi saat ini, virus corona ingin bertahan hidup di tubuh manusia.

Kemudian, kata dia, yang disasar adalah paru-paru manusia.

UPDATE CORONA KALBAR-Midji Bersyukur Tak Ada Tambahan Positif Covid-19, Tapi Reaktif Melonjak 196

Halaman
123
Editor: Ishak
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved