Latihan Renang Kurang Efektif, Juanda: Fasilitas Umum Mungkin Bisa Digunakan Khusus Atlet

Juanda mengkhawatirkan apabila terlalu lama tidak latihan di kolam renang. Maka berat badan atletnya akan semakin meningkat.

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pelatih Renang Kalbar, Juanda (kanan) bersama atlet Renang asal Kalbar, Elsa Anasyia (kiri) saat Pertandingan Renang tingkat nasional di malaysia pada Agustus 2019. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Pelatih Olahraga Renang Kalimantan Barat, Juanda mengatakan ketidak maksimalan atas latihan para atlet binaannya terkhusus pada atlet yang lolos dan akan diikutsertakan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua yang rencana akan digelar pada tahun 2020 ini.

Dikatakan Juanda ketidak maksimalan latihan tersebut, karena para atlet terpaksa harus melakukan latihan secara mandiri dirumah masing-masing.

Hal itu menurutnya kurang efektif, karena tidak bisa latihan bertatap muka secara langsung dengan para atlet.

Putus Mata Rantai Penularan Virus Corona, Widodo Tutup Kolam Renang Muara Kapuas

"Latihan enggak maksimal karena yang dikatakan olahraga renang ini harus perbanyak latihan di air," ungkap Juanda kepada Tribun saat ditemui di rumahnya, di Jalan Tanjung Raya II Kel. Banjar Serasan, Pontianak Timur, Kalbar, Sabtu (4/4/2020).

"Kita ganti latihan dirumah untuk menjaga kebugaran dan kelenturan fisik atlet tersebut. Jadi untuk menjaga kebugaran fisiknya itu lebih bagus lagi, tapi kalau diimbangi dengan latihan di air itu akan lebih maksimal dan lebih baik lagi," jelasnya.

Sistem latihan secara mandiri yang dilakukan oleh pata atlet tersebut. Dikatakan Juanda bahwa hal itu dimulai sejak adanya himbauan dari Pemerintah tentang pencegahan Covid-19 ini.

"Kita tetap melakukan latihan, cuman kita tak bisa melakukan latihan dikolam renang, karena kolam renang di Kota Pontianak semuanya ditutup,"

"Jadi saya sebagai pelatih mengambil kebijakan agar atlet melakukan latihan masing-masing dirumah dengan program yang harus dilakukan oleh atlet tersebut, seperti joging, sit up dan lainnya," jelasnya.

Dengan demikian ia menilai agar fasilitas kolam renang yang ada di Pontianak bisa digunakan oleh khusus para atlet.

"Fasilitas umum mungkin bisa digunakan untuk khusus atlet latihan dan itu bisa lebih baik lagi,".

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Rokib
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved