DPD PDIP Kalbar Ubah Selokan Jadi Tempat Budi Daya Ikan

Sujiwo membeberkan alasan partainya memanfaatkan selokan menjadi tempat budi daya ikan.

Dok. PDI Perjuangan Kalbar
Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar, Sujiwo dan jajaran saat menerbarkan ribuan benih ikan diselokan di depan kantor DPD PDI Perjuangan Kalbar. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Selokan atau parit biasanya dicirikan kotor dan kumuh. Kebanyakan selokan bahkan malah dipenuhi sampah sehingga memunculkan bau tak sedap.

Namun, tak semua selokan memiliki ciri-ciri tersebut. Satu di antara selokan di ruas Jalan Arteri Supadio Sungai Raya, tepatnya di depan Kantor DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat justru menampilkan pemandangan berbeda dari kebanyakan selokan pada umumnya. 

Pasalnya, selokan dengan panjang kurang lebih lima puluh meter itu dimanfaatkan oleh pengurus DPD PDI Perjuangan Kalbar sebagai tempat budi daya ikan. Sebanyak tiga ribu bibit ikan nila pun telah ditabur di selokan tersebut. 

Bendahara DPD PDI Perjuangan Kalbar, Sujiwo membeberkan alasan partainya memanfaatkan selokan menjadi tempat budi daya ikan. 

DPC PDIP Kubu Raya Bagikan Masker Gratis di Batu Ampar

Ia menjelaskan, alasan utama di balik pemanfaatan selokan tersebut ialah menambah keasrian lingkungan kantor, sebagaimana yang diarahkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Ini (pemanfaatan selokan) memang atas arahan Ketua DPD, Bapak Lasarus. Kemudian, ada arahan dari Ketua Umum PDI Perjuangan yang menghendaki agar sekretariat DPD dan DPC di seluruh Indonesia diperindah. 

Sebelumnya selokan ini sudah kita perdalam, kemudian nanti setiap hari akan dibersihkan. Mudah-mudahan ikan-ikannya nanti hidup dan berkembang," katanya seusai menabur bibit ikan, Minggu (29/3/2020) pagi.

Pemanfaatan selokan yang sudah dicontohkan oleh DPD PDI Perjuangan Kalbar ini hendaknya dapat ditiru oleh kantor-kantor lain, terutama yang berada di sepanjang Jalan Arteri Supadio. 

Jika memang tidak bisa dimanfaatkan, lanjut Sujiwo, setidaknya selokan yang berada di sekitaran kantor dirawat kebersihannya.

"Kalau semuanya melakukan (pemanfaatan selokan), saya yakin bisa indah sepanjang jalan ini, makanya saya imbau semua kantor untuk memanfaatkan selokannya masing-masing. Kalaupun tidak bisa dimanfaatkan untuk hal-hal lain, ya minimal diperhatikan benarlah kebersihannya," ajak Sujiwo.

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved