Corona Masuk Indonesia

UPB Pontianak Berlakukan Kuliah Online, Rektor Minta Dosen Pantau Mahasiswa

Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak menghentikan proses belajar dengan metode tatap muka mulai Senin (16/03/2020) hingga Sabtu (28/03/2020).

TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Rektor Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak Dr Purwanto SH MHum FCBArb 

UPB Pontianak Berlakukan Kuliah Online

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak menghentikan proses belajar dengan metode tatap muka mulai Senin (16/03/2020) hingga Sabtu (28/03/2020). Penghentian proses belajar dengan metode tatap muka ini untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19.

“Kami menindaklanjuti surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dan instruksi Gubernur Kalbar tentang upaya pencegahan penyebaran corona virus disease,” ujar Rektor Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak Dr Purwanto SH MHum FCBArb kepada Tribunpontianak.co.id, Senin (16/03/2020).

UPB, jelas Purwanto, tidak meliburkan kuliah. “Namun merubah metode perkuliahannya dari tatap muka ke metode berbasis online, menyikapi merebaknya pendemik corona,” papar Rektor UPB Pontianak ini.

Ia menjelaskan, dosen bisa menerapkan perkuliahan berbasis online, tugas mandiri dan terstruktur. “Kegiatan praktik seperti praktik laboratorium, praktik lapangan dilakukan penjadwalan ulang atau diganti dengan metode lain sesuai dengan perkembangan keadaan,” paparnya.

Untuk dosen, jelas Purwanto, tetap mengisi berita acara perkuliahan dengan mencantumkan bukti proses pembelajaran atau penugasan secara online.

Ia juga mengingatkan para dosen pembimbing akademik untuk tetap membantu dan memantau semua proses perkuliahan Daring mahasiswa perwaliannya dalam rangka kepentingan mengevaluasi proses belajar mengajar.

“Semua kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah banyak atau lebih dari 10 orang misalnya seminar, workshop, pelantikan, talkshow, wisuda, yudicium dan lainnya ditunda. Kegiatan mahasiswa dengan tujuan kabupaten/kota dengan kasus corona juga dibatalkan,” tegasnya.

UPB Pontianak, lanjutnya, juga menyiapkan handsanitizer di setiap lantai dekat tangga yang dapat digunakan segenap civitas UPB Pontianak.

Purwanto juga meminta dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan untuk tetap menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) sesuai pedoman yang diberikan Kemenkes RI. (*)

Penulis: Iin Sholihin
Editor: Iin Sholihin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved